vote

Fakta yang Harus Dipahami Sebelum Mengecilkan Perut Secara Alami

Apakah cara mengecilkan perut alami bisa Ibu lakukan cuma dengan menjaga asupan makanan dan senam atau olahraga untuk membentuk perut rata? Selama proses mengecilkan perut, Ibu perlu tahu sederet fakta di baliknya.

  • Rate Artikel ini

Memiliki perut rata sudah jadi dambaan setiap orang, terlebih para Ibu. Ya, memang memiliki bentuk tubuh proporsional dan perut tipis tentu akan terlihat makin menarik. Sayangnya tak sedikit dari para Ibu mengeluhkan susah mendapatkan perut yang ideal. Sebenarnya bisa jadi ini karena Ibu kurang memahami bagaimana cara mengecilkan perut secara tepat.

Apakah cara mengecilkan perut alami bisa Ibu lakukan cuma dengan menjaga asupan makanan dan senam atau olahraga untuk membentuk perut rata? Selama proses mengecilkan perut, Ibu perlu tahu sederet fakta berikut ini agar tidak jadi salah pemahaman nantinya.

  1. Anggapan salah mengenai senam perut

Pemahaman yang salah kerap terjadi pada para Ibu. Di mana sebagian besar dari mereka mengira sit up sebagai cara mengecilkan perut alami satu-satunya.  Padahal, dilansir dari buku Sukses Menurunkan Berat Badan: 11 Langkah Efektif Turunkan Berat badan oleh RH Liembono, sit up bertujuan untuk membentuk dan menguatkan otot perut, bukan membakar lemak khusus pada bagian perut. Selain itu, dikutip dari buku Slim is Easy: Cara Ajaib Menurunkan Berat Badan dengan Diet REST (Rendah Energi Seimbang Teratur) oleh Rita Ramayulis, DCN., M.Kes., sit up hanyalah salah satu latihan yang bisa Ibu lakukan jika Ibu ingin membangun otot sebagai siasat menghindari penumpukan lemak pada perut. Disamping sit up, masih banyak jenis olahraga atau senam lain yang dapat Ibu lakukan untuk membantu mengecilkan perut,misalkan saja mountain climber dan plank yang diketahui gerakannya sama efektifnya dengan sit up.

  1. Dibutuhkan latihan otot punggung

Ibu mungkin pernah mengeluh saat pertama kali melakukan cara mengecilkan perut alami lewat gerakan sit up atau push up. Benar demikian? Hal ini sebenarnya bisa saja disebabkan belum terbiasanya Ibu berolahraga, atau bisa jadi karena lemahnya otot punggung bagian bawah Ibu lemah. Jadi, untuk mengatasi masalah ini, Ibu sebaiknya tak cuma melakukan latihan otot perut, tetapi juga latih otot punggung bagian bawah. Kedua bagian tersebut saling berkaitan satu sama lain. Dikutip dari buku Sehat Tanpa Dokter oleh Dr.Mehmet Oz dan Michael Roizen, bagian perut yang kuat akan mendukung otot punggung  dan mengurangi risiko cedera.

  1. Imbangi dengan menjaga asupan makanan

Ibu, cara mengecilkan perut alami tak sekadar latihan otot perut saja. Melainkan juga harus memerhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh. Dibutuhkan asupan makanan yang seimbang dan tidak mengandung lemak berlebihan. Ibu dapat mengonsumsi aneka sayur seperti timun, tomat, bayam, jamur, dan bawang. Tidak ketinggalan, konsumsi pula makanan berserat seperti kentang, kacang-kacangan, buah-buahan dan oatmeal. Terakhir, pastikan asupan protein Ibu terpenuhi dengan mengonsumsi putih telur, salmon, ayam, dan daging merah secukupnya.

Dengan demikian, beralih ke pola hidup sehat secara keseluruhan adalah kunci utama agar perut dapat mengecil secara alami. Tidak perlu gerakan khusus spesifik atau makanan tertentu, berolahraga dan menghindari penumpukan lemak dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dapat Ibu lakukan agar bentuk badan ideal dapat Ibu peroleh.

Terbaru