@shutterstock

Gula atau Madu, Mana Yang Lebih Mujarab Untuk Pencernaan?

“Serupa tapi tak sama” itulah perumpamaan yang cocok untuk madu dan gula. Sama-sama manis, tapi berbeda khasiatnya. Mana sih yang lebih sehat antara madu dan gula? Biar tidak penasaran berikut ini ulasan lengkapnya.

Pada dasarnya gula pasir terbuat dari 50 persen glukosa dan 50 persen fruktosa. Gula yang terbuat dari tebu ini memiliki tekstur yang mudah rusak. Meski begitu, gula pasir menjadi penyumbang terbesar kenaikan gula darah dalam tubuh. Sebaliknya, walau sama-sama berasa manis madu hanya mengandung 30 persen gula.

Dalam satu sendok tehnya, madu alami mengandung sebanyak 22 kalori. Jumlah ini jauh lebih tinggi dari satu sendok teh gula yang hanya menyumbangkan 16 kalori. Tidak seperti gula yang dapat memicu kenaikan gula darah, konsumsi madu tidak akan memberikan efek buruk saat diproses dalam tubuh.

Ketika gula masuk dalam sistem pencernaan, perut akan mengeluarkan enzim yang berfungsi untuk memisahkan fruktosa dan glukosa. Selanjutnya, gula sederhana tersebut akan diserap oleh usus halus dan akan diproses menjadi energi. Beda halnya dengan madu. Lebah pembuat madu telah manambahkan enzim khusus untuk nektar yang mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa, sehingga tubuh bisa memanfaatkannya secara langsung.

Madu mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6 dan vitamin C. Bukan hanya itu saja, madu juga mengandung kalium, natruim, kalsium, magnesium, besi, tembaga, fosfor dan sulfur. Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, tetapi madu bisa manjadi pemanis alternatif yang kaya sumber nutrisi.

Ketika gula hanya bisa menjadi pemanis, madu bisa juga digunakan sebagai obat. Madu bisa meringankan gejala flu, meredakan sakit tenggorokan dan meredakan batuk. Antibakterial yang dimiliki madu juga bisa mencegah tumbuhnya jamur pada infeksi. Banyaknya manfaat madu untuk kesehatan membuat beberapa orang takjub dengan khasiatnya.

Alami bukan berarti sehat. Perut tidak akan peduli dengan apapun yang Anda makan. Semua jenis makanan harus dikonsumsi dengan baik. Namun, karena nutrisi madu lebih baik dibanding gula, madu bisa jadi pilihan yang efektif untuk menjaga gula darah dalam tubuh Anda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait