@shutterstock

Gula dan Madu, Lebih Sehat Mana?

Ketika dihadapkan pada pilihan pemanis alami atau buatan, sering kali bingung  menentukan mana yang lebih sehat. Alami belum tentu sehat, sedangkan buatan sudah pasti banyak memiliki kekurangan. Gula dan madu adalah dua pemanis yang sering digunakan dalam berbagai olahan makanan, tapi manakah yang lebih sehat antara madu dan gula?

Jika dilihat dari nilai gizi, gula dan madu memiliki jumlah kalori yang hampir sama. Dalam satu sendok makan gula terdapat 49 kalori dan 12,6 gram karbohidrat. Sedangkan dalam satu sendok teh madu, terdapat 64 kalori dan 17,3 gram karbohidrat. Jika Anda mengonsumsi gula atau madu dalam jumlah yang kecil, perbedaannya tidak akan terasa, tetapi jika mengonsumsinya dalam jumlah besar, sangat disarankan memilih madu sebagai pemanis karena madu memiliki jumlah kalori dan karbohidrat yang lebih banyak daripada gula.

Gula, seperti gula pasir, terbuat dari sukrosa yang terdiri dari fruktosa dan glukosa. Madu juga mengandung sukrosa, tetapi kandungan fruktosa pada madu lebih tinggi dari pada kadar glukosanya. Makanan yang memiliki kadar fruktosa tinggi bisa menyebabkan tubuh rentan mengalami gejala iritasi usus besar. Sebuah jurnal di Amerika menulis bahwa, gula pasir dan sirup maple bisa memicu terjadinya kembung, sakit perut, dan diare pada orang yang memiliki gejala iritasi usus besar.

Sesuatu yang berlebihan selalu memilik efek yang buruk. Makan satu sendok teh madu atau gula tidak akan membuat kadar gula darah Anda naik terlalu banyak. Tetapi mengonsumsi madu atau gula secara berlebihan bisa membuat gula darah mengalami kenaikan yang tajam, terutama bagi penderita diabetes. Untuk mengetahui bagaimana reaksi tubuh ketika mengonsumsi gula atau madu, Anda bisa menggunakan glucometer dan kemudian melihat kadar gula darah dalam tubuh. Jika tingkat gula darah lebih dari 180 mg/L, dapat diketahui bahwa tubuh Anda tidak bisa mengatasi gula yang masuk ke dalam tubuh.

Ketika sedang berdiet makanlah banyak buah dan sayuran, kurangi konsumsi gula dalam asupan harian. Gula bisa membuat diet yang Anda lakukan percuma. Jika ingin menikmati makanan atau minuman manis, tambahkan sedikit madu untuk minuman dan dark chocolate sebagai pemanis dalam makanan. Anda juga bisa menikmati kacang almond sebagai penahan rasa lapar. 

Madu dan gula, keduanya memiliki peran masing-masing untuk kesehatan tubuh manusia. Konsumsi dengan takaran yang pas, akan membuat keduanya memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait