vote

Ibu, Begini Kiat Tepat Menangani Anak Demam

Penyakit demam cenderung mengkhawatirkan jika terjadi secara tiba-tiba dan tidak berangsur turun dalam waktu yang lama. Apalagi jika demam dialami oleh si Kecil, Ibu bisa saja panik menangani kondisi yang demikian jika belum berpengalaman.

  • Rate Artikel ini

Penyakit demam cenderung mengkhawatirkan jika terjadi secara tiba-tiba dan tidak berangsur turun dalam waktu yang lama. Apalagi jika demam dialami oleh si Kecil, Ibu bisa saja panik menangani kondisi yang demikian jika belum berpengalaman. Demam pada anak umumnya disebabkan karena infeksi atau peradangan. Kondisi ini memang seringkali menyebabkan demam pada anak dan terkadang juga disertai dengan gejala lain seperti batuk atau pilek. Kini, Ibu bisa mencoba memberikan penanganan pertama terhadap kasus demam yang dialami oleh si Kecil tanpa panik serta memberikan kenyamanan pada si Kecil. Berikut adalah kiat untuk mengatasi demam pada anak. Simak yuk, Bu.

  1. Mengompres

Kompres merupakan langkah awal yang bisa dilakukan setelah mengetahui suhu tubuh si Kecil. Lakukan kompres hangat untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi tersebut.

  1. Obat Penurun Panas

Setelah melakukan kompres hangat pada si Kecil, dan demam masih berlanjut Ibu bisa mencoba memberikan obat penurun demam pada anak. Biasanya kandungan Paracetamol atau Ibuprofen banyak digunakan untuk anak-anak. Berikan salah satu diantaranya, dengan dosis yang sesuai untuk si Kecil. Jika demam terus berlanjut disertai kejang, nyeri atau sakit kepala, atau bisa juga semakin signifikan suhu badannya dalam waktu sehari, maka Ibu bisa segera mencari bantuan dokter segera.

  1. Ganti Pakaian

Selama si Kecil masih dalam kondisi demam dan lemah, usahakan untuk selalu dan sering mengganti pakaian yang digunakan si Kecil. Suhu tubuhnya yang tinggi menyebabkan si Kecil lebih sering berkeringat dan tentu hal ini bukanlah kondisi yang nyaman. Dilansir dari buku Orangtua Cermat, Anak Sehat oleh dr. Arifianto, SpA, hindari baju dengan bahan yang panas, dan pilihlah baju yang bisa menyerap keringat.

  1. Banyak Minum Air Putih

Saat si Kecil terserang demam yang cukup tinggi, maka sebaiknya Ibu tidak berhenti memberikannya asupan air putih untuk diminum. Usahakan si Kecil tidak mengalami dehidrasi saat tengah mengalami demam tersebut. Takaran air putih pun juga harus lebih dari biasanya, meski si Kecil mengaku belum terlalu dahaga.  

Terbaru