Jangan Sepelekan Kram Pada Perut

Kram perut memang sering kali dialami para Ibu saat haid. Tapi rasa sakit di bagian perut ini seringkali membuat aktivitas para Ibu terganggu. Sering Ibu mengabaikan hal ini karena dianggap sepele. Namun anggapan seperti ini justru tak benar. Sebab jika terus dibiarkan kram perut yang terus-menerus dan begitu terasa sakit bisa jadi itu bukan sekadar gejala saat haid.

Sebab kram di bagian perut juga beragam sebabnya dan kemungkinan jadi indikasi suatu penyakit. maka dari itu Ibu perlu waspada sehingga bisa temukan cara mengatasi kram perut yang tepat. Kram perut yang disebabkan haid biasanya dikarenakan peluruhan lapisan endometrium yang mana melepaskan zat kimia bernama prostaglandin yang mengakibatkan kram perut, mual, hingga diare seperti kutipan dari buku Serba Serbi Kesehatan Perempuan: Apa yang Perlu Kamu Tahu tentang Tubuhmu.

Namun, jangan sepelekan kram perut akibat haid, apalagi gejala tersebut diperparah dengan pusing bahkan pingsan. Memang, beberapa perempuan mengalami gangguan yang luar biasa ketika menjelang dan saat menstruasi. Bagi Ibu yang mengalami permasalahan seperti ini berarti perlu segera mengetahui cara mengatasi kram perut. Misalnya, dengan memeriksakan kondisi kesehatan Ibu kepada dokter agar dapat segera mendeteksi apabila terdapa kelainan pada rahim. Selain itu, cara mengatasi kram perut dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan organ genital, olahraga teratur, serta memperbaiki pola makan yang disertai gizi seimbang agar kesehatan tubuh Ibu dapat terjaga, terutama ketika masa menstruasi. Jika gangguan kram perut semakin sering dialami, ada baiknya Ibu segera melakukan pemeriksaan dalam atau USG. 

Share artikel ini:

Artikel Terkait