Jenis Tanaman Obat Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Indonesia sebagai negara dengan keragaman budaya tentunya memiliki banyak tradisi. Salah satu bentuk tradisi yang diwariskan secara turun-temurun adalah jamu. Jamu merupakan obat yang dibuat dari akar-akaran, daun-daunan, dan sebagainya. Akrab dengan berbagai jenis jamu, seperti beras kencur, kunyit asem, atau temulawak? Yuk kenali berbagai jenis tanaman obat dibalik aneka jamu yang biasa dikenal bermanfaat bagi kesehatan!

  1. Sirih

Jenis tanaman obat ini umumnya ditemukan dalam variasi jamu kunyit asam. Daun sirih, yang memiliki nama latin piper betle, mengandung serat, kalsium, yodium, zat besi, kalium, serta vitamin A,B, dan C.  Tanaman sirih tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi juga dapat membantu menghilangkan memar dengan cara dioleskan ke bagian yang sakit karena sifatnya yang analgesik. Manfaat lainnya dari daun sirih adalah meningkatkan kesehatan mulut, meningkatkan nafsu makan, meredakan batuk, mengatasi bau badan, serta meringankan nyeri punggung.

  1. Jahe

Jahe atau Zingiber Officinale merupakan jenis tanaman obat yang umumnya dijadikan wedang. Tidak hanya berkhasiat, jahe juga memiliki aroma pedas yang khas dan menghangatkan. Jahe dapat digunakan untuk mengurangi gangguan pencernaan, menghilangkan masuk angin, meningkatkan sirkulasi darah, serta menjaga daya tahan tubuh. Di dalam jahe, terkandung bahan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti karbohidrat, protein, besi, kalsium, fosfor, vitamin A, B1, dan C.

  1. Kencur

Kencur dikenal sebagai salah satu rempah yang juga menjadi bahan utama dalam pembuatan jamu beras kencur. Kencur atau kaempferia galangal ini berasal dari India. Selain mengandung minyak atsiri di dalamnya, kencur juga berkhasiat untuk obat batuk, mengatasi sakit perut, menambah nafsu makan, serta dapat mengobati keseleo apabila sudah dicampur dengan air dan dioleskan ke bagian yang sakit.

  1. Kunyit

Jenis tanaman obat yang satu ini dikenal sebagai bumbu dapur dan juga salah satu bahan jamu kunyit asam. Kunyit memiliki kandungan serat pangan yang baik,mangan,zat besi serta vitamin C. Kunyit atau curcuma domestica memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, di antaranya seperti mencegah diabetes, mengatasi sakit perut, mengobati gangguan pada paru-paru dan mengobati asma. Komponen kurkumin yang memberikan warna kuning pada kunyit juga bermanfaat sebagai pewarna makanan alami.

Share artikel ini:

Artikel Terkait