Demam Berdarah? Siapkan Jambu Biji

Jambu biji sebagai obat demam berdarah? Pertanyaan ini kerap muncul di tengah masayarakat Indonesia. Ketika ada saudara atau anak yang menderita demam berdarah, buah ini menjadi salah satu pilihan.

Namun, benarkah demikian? Bahwa jambu biji bisa menjadi obat untuk penyakit demam berdarah? Begini penjelasannya.

Buah jambu biji sarat betakaroten dan vitamin C. Menjelang matang, kandungan vitamin C jambu biji bahkan enam kali lebih besar ketimbang jeruk. Kandungan tersebut sangat diperlukan bagi penderita demam berdarah yang mengalami kekurangan plasma darah akibat penurunan trombosit.

Namun tak cuma buah jambu biji yang bermanfat dalam penyembuhan demam berdarah. Dilansir situs Detikcom, daun jambu biji juga berperan mencegah penyakit demam berdarah. Hal ini telah dibuktikan lewat penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Menurut ketiga lembaga itu, daun jambu biji mampu meningkatkan trombosit hingga 100 ribu milimeter per kubik tanpa efek samping.

Baca Juga : Mengenal Lebih Dalam Gejala Demam Berdarah
 

Berikut cara pengolahannya:
 

- Jambu biji
Cuci bersih 3 jambu biji matang dan mengkal. Blender sampai halus lalu disaring sehingga diperoleh jus jambu biji. Minum 3 x sehari sampai DBD sembuh. Atau, langsung dimakan bersama kulitnya. Namun, biji buah jangan ikut dimakan karena dapat menyebabkan usus buntu.

- Daun jambu biji
Cuci dan bersihkan 1 kg daun jambu biji segar dan dirajang. Blender potongan daun tersebut dengan air secukupnya hingga halus, saring, dan endapkan sehingga ekstrak daun terpisah dengan air. Oven ekstrak daun tersebut agar tahan lama.

Cara pemakaian :
1. Masukkan ekstrak kedalam kapsul, lalu minum 2x sehari, setiap pagi dan sore.
2. Minum ekstrak daun bersama sirup jambu biji dengan takaran 1 sendok teh untuk ½ liter sirup yang diencerkan. Minum secara teratur sampai sembuh.

Share artikel ini:

Artikel Terkait