@shutterstock

Kadar Air Minum Yang Dapat Turunkan Gula Darah

Perhatian terhadap masalah kesehatan tubuh memang membutuhkan trik tersendiri untuk mengatasinya. Seperti masalah dengan gula darah, banyak sekali hal yang harus dilakukan untuk menjaga gula darah tetap seimbang. Salah satu caranya adalah dengan menambah asupan air dalam tubuh.

Percaya atau tidak, sebuah penelitian mengatakan bahwa kurang minum air memiliki efek yang buruk bagi gula darah, terlepas dari apakah Anda memiliki diabetes atau tidak. Peneliti menunjukkan bahwa orang yang minum air lebih dari 17 hingga 34 ons per hari memiliki risiko terkena diabetes lebih sedikit daripada mereka yang tidak minum air. Pada tahun 2011, sebuah penelitian dari Diabetes Care menemukan bahwa minum banyak air akan mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Proses ini terjadi karena ketika tingkat gula darah terlalu tinggi, tubuh akan membuang glukosa yang berlebihan melalui urin. Minum banyak air akan membantu tubuh Anda membuang kelebihan glukosa dalam darah dan membuatnya bercampur dengan urin, sehingga kadar gula dalam darah tidak akan mengalami peningkatan.

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan mengalami kepanikan. Ginjal akan berusaha mempertahankan air yang tersisa dan mengeluarkan hormon yang bisa membuat gula darah mengalami peningkatan. Oleh karena itu Anda disarankan untuk minum air setidaknya 8 gelas per hari. Konsumsi air yang kurang dari itu akan berbahaya bagi tingkat gula dalam darah, juga menyebabkan tubuh cepat lelah dan kehilangan konsentrasi.

Air juga dapat membantu tubuh mengontrol jumlah kalori yang masuk. Minum banyak air tidak akan membuat berat badan Anda bertambah. Jadi, saat berdiet jangan takut untuk minum banyak air, justru Anda harus berhenti minum minuman manis agar berat badan Anda tidak mengalami peningkatan.

Bukan hanya itu saja lho, mengonsumsi banyak air tidak hanya mencegah naiknya gula darah, air juga membuat kulit terlihat tetap sehat dan segar. Selain itu banyak minum air dan mulai mengurangi konsumsi minuman manis akan membuat tubuh Anda bekerja dengan seimbang. Yuk mulai dibiasakan dari sekarang.

Share artikel ini:

Artikel Terkait