Keluarkan Racun-Racun di Tubuh dengan Yoga

Merasa tubuh lelah, stress, sistem pencernaan tidak lancar bahkan berat badan semakin naik? Anda perlu olahraga, karena bisa jadi hal-hal tersebut disebabkan banyaknya racun-racun yang menumpuk di tubuh. Salah satu olahraga yang tepat untuk menghilangkan racun-racun di tubuh adalah dengan melakukan yoga.

Manfaat yoga untuk kesehatan begitu banyak, seperti meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan stress, dan membantu membasmi racun-racun yang ada di tubuh. Beberapa gerakan yoga dapat secara spesifik melancarkan saluran pernapasan, pencernaan dan limfatik untuk membuang racun-racun penyebab penyakit. Berikut gerakan-gerakan yoga dengan manfaatnya untuk kesehatan:

Wide-Legged Forward Bend

Tak hanya bisa mengencangkan otot paha dan betis, dengan melakukan gerakan ini membawa manfaat yoga untuk keesehatan, yaitu melancarkan sirkulasi darah ke tubuh dan menyaring kelenjar getah bening. Gerakan ini juga menekan otot-otot perut sehingga bisa melancarkan sistem pencernaan.

Cara melakukannya, berdiri dengan kaki terbuka lebar, lalu tekuk tubuh ke bawah. Tarik kedua tangan ke belakang tubuh, lalu satukan. Tarik napas, dan perlahan tekuk tubuh lebih dalam ke arah pinggul, sambil tetap meluruskan punggung. Lemaskan kaki, dan perlahan-lahan kembalikan posisi tubuh seperti semula.

Open Side Fierce

Bila ingin mengencangkan kaki bagian bawah, gerakan ini sangat tepat. Manfaat yoga untuk kesehatan dari gerakan ini adalah terasanya tekanan di ginjal, hati dan limpa, menstimulasi sistem pencernaan untuk membuang racun-racun tubuh.

Cara melakukannya, berdiri dengan kedua kaki menyatu. Lalu, tekuk lutut dan silang bahu kanan di paha kiri, dan tempatkan telapak tangan kanan di lantai. Bila tidak sanggup, boleh dengan jari saja yang menyentuh lantai. Tangan yang satunya lagi dijulurkan ke atas. Tahan posisi ini sebanyak lima kali napas. Ulangi dengan tangan satunya lagi.

Three-Legged Down Dog

Gerakan ini mengharuskan Anda dalam posisi kepala lebih rendah daripada jantung dan kedua kaki di udara. Gerakan ini menstimulasi aliran darah ke otak dan organ tubuh lainnya. Bila bagian tubuh atas lebih kuat, gerakan ini bisa jadi relaksasi, menghilangkan stress dan lelah.

Cara melakukannya adalah dengan berdiri tegak, kedua kaki terpisah sejajar dengan bahu. Lalu, tempatkan kedua tangan di lantai, sehingga tubuh membentuk huruf V terbalik. Perlahan-lahan, angkat kaki kanan ke atas dan luruskan. Tahan lima nafas, lalu kembali ke posisi semula. Lakukan bergantian dengan kaki yang satunya.

Seated Heart Opener

Ternyata, postur tubuh yang baik bisa mengganggu kerja paru-paru. Melakukan gerakan yoga yang satu ini bisa mengembalikan postur tubuh, meluruskan tulang punggung sehingga paru-paru kembali bekerja dengan baik.

Cara melakukannya, duduk bertumpu dengan tulang kering. Tarik kedua tangan ke belakang, lalu tempatkan di lantai sambil menarik dada ke atas. Buka dada dan bahu, serta luruskan punggung. Tahan posisi ini sebanyak lima hitungan nafas, lalu kembali ke posisi semula.

Share artikel ini:

Artikel Terkait