vote

Kenali Gejala dan Cara Pengobatan Diare pada Anak

Diare pada anak seringkali menjadi gangguan kesehatan yang cukup membuat cemas bagi para orang tua, terutama bagi sang Ibu. Kekhawatiran dengan penyakit diare pada anak ini memang sah-sah saja karena diare merupakan jenis gangguan pencernaan yang perlu segera diatasi.

  • Rate Artikel ini

Diare pada anak seringkali menjadi gangguan kesehatan yang cukup membuat cemas bagi para orang tua, terutama bagi sang Ibu. Kekhawatiran dengan penyakit diare pada anak ini memang sah-sah saja karena diare merupakan jenis gangguan pencernaan yang perlu segera diatasi. Nah, untuk mengetahui beberapa gejala diare, penyebab, serta solusinya yang tepat, Ibu perlu menyimak penjelasan berikut ini ya!

Siklus Buang Air Besar pada Anak

Siklus buang air besar bagi si Kecil memang tidak bisa dipastikan. Namun, secara normal, si Kecil tidak akan BAB hingga tiga kali dalam satu hari. Jika lebih dari tiga kali, Ibu perlu mewaspadai si Kecil terkena diare, ya. Ibu pun perlu memperhatikan bentuk feses yang normal, feses akan dikatakan normal apabila bentuk dan teksturnya masih lembut seperti pisang.

Gejala Diare pada Anak

Si Kecil dikatakan diare apabila intensitas buang air besarnya melebihi jumlah yang wajar, atau bentuk dan kandungan air di dalam feses terlampau banyak. Dikutip dari buku Mengatasi Diare & Keracunan pada Balita oleh dr. M.C. Widjaja, gejala lain yang ditimbulkan saat diare adalah cengeng, muntah, dan gelisah.

Solusi Awal Diare pada Anak

Diare pada anak yang terjadi secara tiba-tiba tersebut tentunya bisa diatasi. Jangan panik ya, Bu. Hal utama yang dibutuhkan adalah rehidrasi atau pengganti cairan tubuh yang hilang, seperti oralit atau semacamnya, bisa juga melalui minum atau infus jika sudah tergolong berat.

Setelah melakukan upaya awal tersebut, maka kini tinggal mengamati perubahan yang ada pada si Kecil. Kondisi anak bisa dikatakan tidak mengalami perubahan apabila diare atau muntah masih terjadi serta terdapat gejala lain seperti kejang dan tubuh terasa dingin. Jika sudah demikian, Ibu disarankan untuk segera meminta pertolongan dari dokter.

Pencegahan Diare pada Anak

Umumnya diare disebabkan oleh infeksi parasit, bakteri, serta virus yang banyak tersebar dalam makanan, tempat umum, serta kurangnya menjaga kebersihan. Untuk mengantisipasi diare pada anak, Ibu bisa memulai dengan langkah terbaik yaitu selalu membiasakan cuci tangan sehabis beraktivitas dan sebelum makan, memasak air dan makanan dengan benar, cuci mainan anak kemudian simpan di tempat yang bersih serta kering, dan simpan peralatan makan dan minum di tempat yang bersih.

Terbaru