@shutterstock

Kenali Manfaat Madu Lebih Jauh

Dalam prosesnya pembuatannya, madu tidak mengalami proses pengolahan serumit dan sepanjang gula. Hal itulah tulah yang menyebabkan madu memiliki nutrisi yang lebih banyak dibanding gula. Bisa dibilang madu merupakan pengganti yang lebih sehat dari pada gula. Rasa manisnya yang sedikit asam merupakan  ciri khas tersendiri dari pemanis yang satu ini.

Madu dan gula pasir berasal dari sumber alami, tetapi madu di jual mentah tanpa mengalami proses pengolahan seperti gula. Madu dan gula adalah dua jenis pemanis yang berbeda, termasuk dalam kandungan karbohidrat di dalamnya. Keduanya kurang lebih terdiri dari glukosa dan fruktosa. Dalam gula, fruktosa dan glukosa menyatu dan membentuk sukrosa. Sedangkan dalam madu, kandungan fruktosanya lebih banyak sehingga fruktosa dan glukosa tidak bisa menyatu dan tidak bisa membentuk sukrosa.

Satu sendok makan gula menghasilkan 49 kalori dan 15 gram karbohidrat. Sedangkan madu memiliki kandungan yang lebih tinggi, yaitu 68 kalori dan 17,2 gram karbohidrat per sendok makan. Karena rasa madu lebih manis dari gula, sebaiknya Anda menggunakannya kurang dari satu sendok makan.

Proses pengolahan gula pasir yang panjang dan rumit membuat semua vitamin dan mineral menguap, sehingga gula hanya menyediakan kalori kosong. Madu mengandung sejumlah kecil antioksidan. Tapi, jumlah itu tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan antioksidan, kecuali jika Anda mengonsumsi madu dalam jumlah besar. Menurut penelitian dari University of Illionis, madu yang berwarna lebih gelap, seperti madu soba, menyediakan antioksidan lebih banyak dari pada madu yang berwarna lebih cerah.

Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa madu bisa menurunkan gula darah dan lipid darah, seperti kolesterol pada penderita diabetes. Sebuah ulasan yang terbit bulan juli 2012 dari International Journal of Biological Science menunjukkan bahwa fruktosa atau oligoskarida yang terkandung dalam madu bisa memberikan efek yang menguntungkan bagi tubuh.

Madu tidak akan memberikan tubuh Anda dampak buruk seperti yang diberikan gula. Tetapi, madu mengandung sejumlah kecil Spora batulisme atau bakteri yang tidak cocok diberikan kepada anak-anak dibawah usia satu tahun.

Share artikel ini:

Artikel Terkait