vote

Kesalahan Yang Rentan Dilakukan Ini Dapat Mengganggu Kesehatan Wanita

Menerapkan gaya hidup sehat perlu dilakukan oleh Ibu. Tidak hanya berdampak untuk masa sekarang, menjaga kesehatan akan berdampak pada kehidupan di masa yang akan datang. Apa sajakah kesalahan yang membawa dampak buruk bagi kesehatan wanita di masa yang akan datang?

  • Rate Artikel ini

Melakukan hal kecil secara teratur ternyata berdampak untuk kesehatan jangka panjang. Di bawah ini, terdapat beberapa kesalahan yang banyak dilakukan oleh kebanyakan wanita. Kesalahan-kesalahan berikut ini tentunya membawa dampak buruk bagi kesehatan.

  1. Jarang ganti pembalut

Menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi setiap bulan pada wanita. Pada masa ini, darah yang keluar akan memicu tumbuhnya bakteri pada area organ intim. Berapa kali dalam sehari Ibu mengganti pembalut Ibu? Tahukah Ibu bahwa terlalu lama memakai pembalut dapat memicu pertumbuhan bakteri yang lebih banyak? Bakteri staphylococcus aureus yang dapat melepaskan racun merupakan salah satu bakteri yang dapat bertambah jumlahnya apabila area organ intim Ibu cenderung lembap. Gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali, walaupun Ibu sudah berada di hari-hari terakhir menstruasi.

  1. Ukuran bra yang tidak sesuai

Kesehatan wanita juga dapat dipengaruhi oleh ukuran bra. Ukuran bra yang tidak sesuai dengan payudara, terutama apabila terlalu sempit akan memberikan dampak negatif pada kesehatan, misalnya sakit kepala, sakit punggung, nyeri di leher, kurang lancarnya sirkulasi darah, dan otot tegang. Bahkan, tekanan pada diafragma yang berlebihan akibat ukuran bra tidak sesuai dapat menimbulkan gangguan pencernaan dan iritasi usus besar.

  1. Kurang konsumsi air putih

Memiliki banyak kegiatan merupakan pertanda bahwa Ibu merupakan sosok yang aktif. Namun, bukan berarti Ibu dapat melupakan kebiasaan satu ini. Biasakanlah untuk mencukupi kebutuhan air putih harian Ibu. Hindari membiasakan diri meminum minuman berpengawet atau berperasa karena beresiko mengganggu kesehatan wanita.

  1. Kurang asupan kalsium

Ibu, ternyata tidak hanya si kecil yang membutuhkan asupan kalsium. Selain air putih, susu juga diperlukan karena Ibu memerlukan asupan kalsium agar tidak mudah terserang osteoporosis. Apalagi, dibandingkan dengan pria, wanita lebih rentan terkena osteoporosis karena kehamilan dan proses menyusui. Pada masa kehamilan, kalsium dari tulang akan terambil apabila asupan kalsium yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Begitu pula dengan ketika menyusui. Mulai biasakan konsumsi susu dari sekarang guna menjaga kesehatan wanita serta menghindari proses pengeroposan tulang yang umumnya terjadi pada usia 50-an.

Artikel Terkait

Terbaru