@shutterstock

3 Makanan Sumber Utama Gula

Tahukah Anda, tiga sumber makanan penyumbang gula dalam tubuh? Ya, mereka adalah karbohidrat, protein dan lemak. Ketiga sumber makanan ini merupakan penyumbang gula dalam tubuh yang  memberikan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, tiga sumber makanan ini sangat penting untuk dikonsumsi. Mau tahu lebih lanjut tentang mereka, simak ulasan berikut ya.

Karbohidrat
Makanan seperti roti, nasi, pasta, kentang, yogurt dan susu adalah sumber makanan yang kaya akan karbohidrat. Tubuh mengubah 100 persen karbohidrat yang Anda makan menjadi glukosa. Glukosa ini dapat mempengaruhi kadar gula darah dengan cepat, bahkan dalam waktu satu hingga dua jam setelah makan.

Protein
Meskipun tubuh mengubah beberapa protein yang Anda makan menjadi glukosa, namun sebagian besar glukosa ini disimpan dalam hati dan tidak dilepaskan ke dalam aliran darah. Itulah sebabnya protein tidak terlalu memiliki dampak besar dalam menaikkan kadar gula darah. Makanan yang kaya protein di antaranya ikan, daging, keju dan selai kacang.

Lemak
Mentega, salad dressing, alpukat, minyak zaitun, cokelat adalah beberapa contoh makanan yang kaya lemak. Tubuh mengubah kurang dari 10 persen lemak menjadi glukosa. Glukosa dari lemak diserap perlahan-lahan dan tidak menyebabkan kenaikan langsung kadar gula darah.

Meskipun lemak tidak menyumbang banyak glukosa, namun makanan yang tinggi lemak dapat mempengaruhi seberapa cepat tubuh mencerna karbohidrat. Karena lambatnya mencerna karbohidrat dan menaikkan kadar gula, hal ini kadang menyebabkan kadar gula darah memuncak beberapa jam setelah makan.

Karbohidrat, protein dan lemak adalah tiga sumber makanan yang penting sebagai sumber energi untuk tubuh. Sehingga, kehadirannya tidak dapat dipisahkan. Pola makan seimbang adalah kunci untuk menjaga kadar gula darah Anda senantiasa aman dan normal. Semoga bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait