vote

4 Alasan Penting Anak Perlu Membawa Bekal ke Sekolah

Penyajian bekal untuk anak ini juga didorong oleh faktor kualitas jajanan yang kurang baik di lingkungan sekolah, membantu mengatasi masalah berat badan dan mengurangi resiko terkena berbagai penyakit.

  • Rate Artikel ini
Aktivitas si Kecil di usia sekolah yang semakin padat dari pagi hingga siang bahkan sore hari, mengakibatkan Ibu harus tanggap dalam menyiasati kebutuhan makanan sehat bagi si Kecil. Salah satunya adalah dengan menyiapkan bekal anak sekolah yang sehat, lezat dan menarik. Penyajian bekal ini juga didorong oleh faktor kualitas jajanan yang kurang baik di lingkungan sekolah, membantu mengatasi masalah berat badan dan mengurangi  resiko terkena berbagai penyakit.
Bekal anak sekolah juga menjadi sangat penting karena selain dapat menghemat pengeluaran, Ibu juga sekaligus dapat memberi pengetahuan kepada si Kecil agar tidak jajan sembarangan dengan mengungkapkan berbagai fakta yang terjadi kepada anak-anak terutama akibat jajan sembarangan.  Berikut ini mengapa Ibu perlu memberikan bekal kepada si Kecil:
 
1. Munculnya kebiasaan jajan tidak sehat
Dikutip dari buku berjudul Makanan Anak Usia Sekolah: Tips Memberi Makan Anak Usia Sekolah, kebiasaaan jajan memang umumnya dimulai sejak usia sekolah. Pada masa sekolah, si Kecil bersama teman-temannya cenderung senang untuk jajan. Meskipun jajan dapat menjadi salah satu bentuk quality time si Kecil bersama teman-temannya, namun hindari kebiasaaan jajan si Kecil yang tidak sehat karena dapat merusak pola makannya.
 
2. Munculnya kebiasaan picky eater
Kebiasaan jajan berarti juga dapat menimbulkan kebiasaan lainnya. Akibat Ibu tidak mengontrol jenis makanan, si Kecil cenderung hanya mengonsumsi jenis makanan yang ia sukai. Dampak buruknya akan muncul apabila si Kecil tidak suka dengan jenis makanan yang sehat untuknya, seperti sayuran atau buah. 
 
3. Kecenderungan konsumsi makanan kurang bergizi
Kebiasaan jajan juga dapat memicu tingginya kecenderungan konsumsi makanan kurang bergizi. Jajanan si Kecil tentunya rentan ditambahkan aneka bahan seperti pewarna, bahkan pengawet. Selain kandungannya, kebersihan dalam penyajiannya pun tidak terjamin.
 
4. Asupan gizi si Kecil tidak terkontrol
Jauh dari Ibu saat di sekolah mengakibatkan tidak terkontrolnya asupan gizi. Terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, dan lemak yang ada dalam jajanan si Kecil juga memicu obesitas.
 
Oleh karena itu, bekal anak sekolah menjadi semakin diperlukan untuk mengatasi berbagai dampak buruk di atas. Dengan demikian, pemilihan menu bekal makanan kesukaan, namun tetap sehat dan bergizi yang melibatkan partisipasi si Kecil juga perlu dilakukan agar ia semakin bersemangat makan.

Artikel Terkait

Terbaru