©shutterstock

5 Langkah Cantik Sambut Datangnya Imlek

Tahun baru Cina menjadi perayaan tahun baru kedua yang amat ditunggu-tunggu oleh masyarakat Cina. Jika harapan yang mereka sampaikan saat perayaan tahun baru begitu umum, untuk perayaan tahun baru ini Imlek masyarakat Cina lebih berharap keberkahan hidup untuk setahun ke depan. Perayaan Imlek juga menjadi perayaan tradisi warisan leluhur yang sudah berjalan berabad-abad lamanya.

 

Bila Anda termasuk yang akan merayakan Imlek, yuk simak tips menyambut imlek berikut ini.

 

Membersihkan rumah

Masyarakat Cina selalu yakin bila membersihkan setiap sudut rumah dapat mengusir berbagai hantu maupun nasib buruk yang bakal datang. Debu yang tebal akan memudahkan roh jahat masuk ke rumah dengan meninggalkan bekas kakinya. Segera bersihkan semua sudut rumah sampai bersih ya.

 

Membuat penampilan baru

Bagi orang Cina, penampilan dan baju baru seolah menjadi keharusan yang perlu dilakukan. Mereka yakin dengan memotong rambut, roh-roh jahat yang sering mengintai akan hilang bersamaan dengan rambut yang terpotong. Begitu juga dengan baju baru yang bisa melepaskan diri dari pengaruh roh jahat.

 

Meminta maaf

Bila pernah punya salah atau masih belum baikan dengan sanak-keluarga maupun teman akrab, sebaiknya segeralah meminta maaf dan memperbaiki hubungan sebelum Imlek tiba. Dalam tradisi Cina, tidaklah baik menyimpan dendam dengan kerabat maupun orang lain sampai Tahun Baru Cina tiba.

 

Membayar hutang

Selain dendam, hutang juga kerap dijadikan salah satu hal yang bisa menghambat keberkahan di tahun baru. Cobalah mengecek hutang yang mungkin Anda miliki, jika tidak terlalu besar segeralah untuk melunasinya. Sementara bila hal itu dalam bentuk tagihan, buatlah agenda bulanan untuk mencicilnya agar segera lunas.

 

Menghabiskan waktu bersama keluarga

Mumpung ada momen tahun baru Imlek yang bakalan hadir, manfaatkan waktu yang cukup untuk berkumpul dengan keluarga. Kurangi kesibukan yang sampai menghabiskan waktu Anda untuk berkumpul bersama mereka. Manfaatkan libur panjang imlek untuk berkumpul dengan keluarga besar termasuk bertemu kakek-nenek di kampung halaman.

 

Lima langkah tersebut bisa Anda manfaatkan untuk menyambut imlek yang lebih berkah. Gong Xi Fa Cai!

Share artikel ini:

Artikel Terkait