©shutterstock

5 Gangguan Kesehatan di Musim Pancaroba

Musim hujan telah selesai. Namun, musim kemarau masih belum mau menampakkan dirinya. Kadang hujan turun tiba-tiba dan di lain hari matahari bersinar dengan teriknya. Cuaca yang tidak menentu ini biasa disebut dengan musim pancaroba. Nah, kabar buruknya banyak lho penyakit yang bisa menyerang Anda atau si kecil di musim ini. Apa saja ya itu? Yuk cari tahu!

Flu

Penyakit ini biasanya muncul saat hujan turun dengan derasnya. Penyebab utamanya adalah virus dan bakteri serta daya tahan tubuh yang menurun. Untuk mengatasinya, cukup minum obat flu atau makan sup ayam hangat. Di negara barat, sup ayam biasa digunakan untuk melawan demam. Cara lainnya adalah dengan beristirahat sebanyak mungkin dan makan makanan sehat seperti buah dan sayuran.

Gangguan Pencernaan

Penyakit ini bisanya muncul di awal musim hujan. Namun, di musim pancaroba gangguan pencernaan juga menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai. Cuaca yang tidak menentu akan meningkatkan nafsu makan sehingga si kecil rentan jajan sembarangan. Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan pencernaannya terganggu karena nutrisi yang masuk ke tubuh jadi berantakan.

Demam

Udara panas dan aktivitas yang padat membuat daya tahan tubuh terancam. Kalau tidak bisa menjaga pola makan dan gaya hidup, bisa-bisa terserang demam. Untuk itu, jangan makan sembarangan dan cukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh agar daya tahan tubuh meningkat. Jangan lupa juga untuk berolahraga supaya badan makin bugar.

Gatal

Karena cuacanya tidak menentu, kulit jadi ikut kena imbasnya. Polusi dan bakteri di udara bisa menyebabkan kulit gatal. Begitu juga ketika si kecil malas ganti baju atau cuci tangan. Kuman yang mengendap di tangannya bisa menginfeksi kulit dan membuatnya ruam.

Kulit Kering

Khusus untuk orang dewasa, jangan lupa untuk selalu pakai lotion ya. Cuaca yang tidak menentu bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Selain lotion, Anda juga bisa mengatasinya dengan memakai masker madu dan rajin minum air putih supaya kelembapan kulit terjaga.

Musim pancaroba memang membuat tubuh terancam beragam masalah kesehatan. Oleh karena itu, terapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga supaya tetap bisa beraktivitas dengan lancar.

Share artikel ini:

Artikel Terkait