@shutterstock

6 Manfaat Gula Jagung Bagi Kesehatan Si Kecil

Gula selalu menjadi biang di balik munculnya penyakit diabetes. Penggunaan gula yang kurang bijak dan terlalu berlebihan selalu berdampak merugikan bagi kesehatan. Bagaimana tidak, mulai dari makanan utama hingga camilan selalu menggunakan gula tambahan. Kalori yang besar tentunya akan memicu kenaikan gula darah. Lantas, apakah tak boleh menggunakan gula?

Sebenarnya, dengan penggunaan yang tepat, gula masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai bentuk olahan. Hanya saja, penggunaan jangka panjang memang kurang baik untuk dilakukan. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan gula jagung dalam setiap sajian yang Anda buat untuk si kecil. Lebih lengkap berikut ini manfaat gula jagung bagi kesehatan.

Tidak mengundang obesitas
Gula jagung bersumber dari fruktosa. Menurut Dr. Joe Njenga, praktisi kesehatan sekaligus Penulis Healthy Eating, fruktosa tidak menyumbangkan penambahan berat badan pada tubuh. Jenisnya yang termasuk dalam kelompok gula sederhana, membuat gula ini lebih mudah diuraikan dalam tubuh.

Bersifat alami
Manfaat lain dari gula jagung ini adalah alami. Fruktosa merupakan salah satu jenis gula alami yang langsung bersumber dari buah. Meski tidak semanis gula tebu, namun gula jagung bisa memberikan kontribusi kesehatan bagi tubuh si kecil.

Berasa manis
Walau bersumber dari jagung, namun sejatinya gula jagung memiliki rasa manis layaknya gula pada umumnya. Bedanya, gula ini tidak sampai mempengaruhi kenaikan gula darah dalam tubuh secara signifikan. Walau demikian, penggunaan yang berlebihan tetap saja akan berpengaruh pada kesehatan.

Melalui metabolisme yang sama
Meskipun memiliki bentuk yang berbeda, namun gula jagung akan mengalami proses penguraian yang sama dalam tubuh. Fruktosa akan diuraikan menjadi lebih sederhana menjadi glukosa. Dari sini akan diubah menjadi energi yang dapat membantu aktivitas anak sehari-hari.

Sumber serat
Poin ini yang mungkin paling membedakan antara gula jagung dengan gula-gula lainnya. Karena berasal dari jagung yang kaya serat, maka gula jagung juga memiliki kebaikan sebagai sumber serat yang baik. Berkat serat ini pula, kontrol gula dalam darah bisa lebih optimal.

Mempertahankan kesehatan gigi
Tahukah Anda bahwa beberapa pasta gigi mengandung fruktosa? Gula inilah yang membuat beberapa rasa pasta gigi berasa manis. Jika gula pada umumnya mudah membuat gigi keropos pada anak, maka gula jagung justru dapat membantu mempertahankan kesehatan gigi si kecil. Demikian yang disampaikan oleh Dr. Joe Njenga.

Wah, sudah tahu kan beberapa manfaat gula jagung untuk si kecil. Yuk, langsung beralih menggunakannya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait