Saluran Pencernaan Sehat, Kunci Daya Tahan Tubuh Anak

Tak ada Ibu yang ingin sang buah hati terserang penyakit, tentu saja. Keceriaannya seketika menghilang. Tak ada lagi senyum ceria yang membuat hati Ibu berbunga-bunga.

Nah, agar kekhawatiran itu tak terjadi, Ibu betul-betul harus memperhatikan kesehatan mereka. Namun, bagaimana caranya?

Mudah kok, Bu. Menurut dokter spesialis anak Soebijanto Marto Sudarmo dalam sebuah diskusi di Jakarta pada Maret lalu, salah satunya adalah dengan menaruh perhatian soal kondisi saluran pencernaan anak agar daya tahan tubuh mereka kuat terhadap beragam penyakit.

"Karena 80 persen sistem imunitas tubuh ada dalam saluran pencernaan," kata Soebijanto.

Jadi, jagalah selalu saluran pencernaan si kecil agar mereka selalu sehat. Berikut beberapa tips kesehatan anak yang bisa Ibu ikuti:

Baca Juga : Mengenalkan Makanan Padat Pada si Kecil

Selalu Memberikan ASI
Bagi Ibu yang memiliki buah hati yang masih kecil, jangan pernah lupa memberikan air susu ibu (ASI). Soalnya, selain berfungsi sebagai sumber nutrisi, ASI juga merupakan penyuplai utama sistem imunitas si kecil. Tak mengherankan, para ahli selalu menyarankan setiap Ibu untuk selalu memberikan ASI, khususnya di tahun-tahun awal setelah kelahiran.

Hindari Konsumsi Gula Berlebih
Konsumsi gula berlebih pada anak bisa menurunkan kekebalan tubuh selama beberapa jam setelah gula selesai dicerna. Dalam jangka panjang, konsumsi gula berlebih bahkan bisa meningkatkan potensi obesitas dan serangan jantung. Jadi, sebaiknya Ibu mulai membatasi si kecil dalam mengonsumsi permen, cokelat, minuman ringan (softdrink), dan kue manis.

Berikan Omega-3
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan yang terdapat dalam daging ikan ini terbukti bisa meredakan peradangan yang diderita si kecil. Selain terdapat dalam ikan, Ibu bisa mendapatkan kandungan yang menjaga daya tahan tubuh anak itu dalam minyak canola, flaxseed, minyak kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian, bayam, dan brokoli. Khusus untuk sayur-sayuran, kandungan fitonutrient dan zat antioksidannya secara alamiah bakal menjaga daya tahan tubuh anak.

Konsumsi Probiotik
Probiotik adalah bakteri sehat yang tumbuh dalam sistem pencernaan anak. Bakteri ini menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan penyakti. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik secara reguler akan menjaga sdaya tahan tubuh anak. Kandungan probiotik itu juga bisa didapat lewat konsumsi yogurt dan kefir.

Tambahkan Vitamin
Dua jenis vitamin yang membantu menjaga daya tahan tubuh anak, khususnya pencernaan, adalah vitamin A dan C. Vitamin A berperan penting dalam kesehatan sistem syaraf dan berperan menjaga daya tahan tahan tubuh anak dari infeksi kuman. Kandungan ini bisa didapat dari minyak ikan kod, ubi jalar, wortel, melon, tuna, dan mangga.

Adapun vitamin C dikategorikan sebagai zat antioksidan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan ini bisa Ibu dapatkan di jeruk dan brokoli.


Itulah tadi beberapa tips kesehatan anak, khususnya menjaga kesehatan saluran pencernaan. Selamat mencoba, ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait