Sarapan Bergizi dengan Bubur Ayam

Selain Praktis, Bubur Ayam Ternyata Bergizi Tinggi

Makanan Indonesia punya banyak pilihan sarapan bergizi tinggi. Jadi Ibu tak perlu bingung menyajikan sarapan sehat untuk si Kecil, sementara waktu untuk mempersiapkannya kurang? Ibu bisa mencoba membuat bubur ayam. Terutama bubur ayam lengkap dengan tambahan sayur.

Berita lain: Membuat Bubur yang Lembut Ada Triknya Lho

Semangkuk bubur ayam panas memiliki kandungan yang bemanfaat bagi tubuh hingga sering menjadi pilihan menu sehari-hari untuk bayi dan balita. Ingin mengetahui kandungan dari semangkuk bubur ayam, yuk kita simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Energi
Kalori dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh dan beraktivitas sepanjang hari. Kalori berasal dari pembakaran asupan karbohidrat, lemak, dan protein. Kalori dalam bubur ayam bervariasi sesuai dengan bahan utamanya apakah terbuat dari nasi, oat, ataupun gandum. Begitu juga dengan lauk pendampingnya. Menurut situs Nutrition, semangkuk makanan Indonesia yang terbuat dari beras ini mempunyai kandungan kalori sebesar 211 kkal. Jumlah tersebut cukup untuk bekal memulai hari.

Protein
Daging ayam mempunyai kandungan protein sehat yang cukup tinggi. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Zat ini juga digunakan tubuh untuk membentuk enzim dan hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, protein penting dalam pembentukan otot, tulang, kulit, dan sel darah. Semangkuk bubur ayam mempunyai kandungan protein sebesar 18,5 gram atau 33 persen dari asupan harian yang dianjurkan.

Serat
Serat dibutuhkan untuk melancarkan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Semangkuk bubur ayam mengandung 1 gram serat atau 4 persen dari kebutuhan harian. Untuk meningkatkan jumlah serat, gantilah beras dengan oatmeal atau gandum utuh. Tambahkan pula sayuran seperti daun bawang atau kucai yang bikin bubur makin lezat.

Selain kandungan nutrisi di atas, bubur juga bermanfaat bagi tubuh karena kandungan vitamin B, E, zat besi, danzinc. Kandungan mineral tersebut dapat membantu menjaga sistem imunitas tubuh. Memakan makanan Indonesia yang banyak dijual di gerobak-gerobak pada pagi hari ini secara teratur juga dapat membantu menstabilkan tingkat gula darah dan mengurangi resiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Sebab, kandungan serat dalam bubur memperlambat sistem tubuh dalam menyerap gula dari makanan. Terkendalinya gula darah akan menurunkan risiko terjangkit penyakit ginjal, stroke, dan jantung.

Share artikel ini:

Artikel Terkait