Tempe, Makanan Sehat nan Murah

Rasanya, tak ada orang Indonesia yang tak mengenal tempe. Kita akrab dengan jenis makanan ini, entah dalam bentuk gorengan atau ditumis kecap. Harganya yang terhitung murah memang menjadi salah satu pemicu tempe jamak dipilih sebagai menu makanan. Namun jangan salah, di balik harganya yang terjangkau itu, tempe ternyata menyimpan banyak khasiat sehingga bisa menjadi salah satu plihan menu masakan sehat keluarga.

"Ada banyak kandungan yang baik untuk kesehatan," ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama.

Nah, berikut beberapa khasiat mengonsumsi tempe:

Mencegah Anemia
Kandungan Vitamin B12 di dalam tempe sangat tinggi dibanding bahan pangan hewani. Dalam 100 gram tempe kering, terdapat sekitar 1,5 hingga 6,3 mg Vitamin B12. Vitamin itu berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah. Walhasil, mengonsumsi tempe bisa mencegah anemia alias kekurangan darah.

Selain itu, kandungan kapang di dalam tempe menghasilkan enzim fitase yang dapat menguraikan asam fitat menjadi inositol dan fosfor. Proses ini kemudian menghasilkan beragam mineral, seperti zat besi dan kalsium. Nah, mineral-mineral itu adalah komponen penting dalam pembentukan sel darah merah. Maka, bisa dibayangkan betapa besar khasiat tempe untuk mencegah anemia, kan?

Mencegah Kanker
Hal ini disebabkan karena tempe memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan tersebut bisa menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Cocok untuk dijadikan menu masakan sehat.

Baca Juga :Resep Steak Tempe Lada Hitam

Mencegah osteoporosis
Tempe kaya akan kalsium yang membantu kesehatan tulang. Jika tulang sehat, resiko terkena penyakit osteoporosis tentu bisa dihindari.

Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah
Tempe memiliki kandungan protein, serat, niasin, dan asam lemak yang bermanfaat mengurangi kolesterol jahat dalam darah.

Menyehatkan Pencernaan
Proses fermentasi membuat kedelai lebih lunak sehingga mudah dicerna dan diserap tubuh. Hal ini sangat membantu bayi dan orang lanjut usia yang proses pencernaan dan penyerapan tubuhnya tak maksimal.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi tempe. Kekayaan gizinya membuat bahan pangan ini cocok sebagai menu masakan sehat keluarga. Jadi, selamat bereksperimen dengan tempe, ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait