Waspada Anak Batuk di Musim Hujan

Yuk, Jauhkan Anak dari Flu di Musim Hujan

Musim penghujan telah datang. Di satu sisi, hal ini menghadirkan kesenangan tersendiri karena hawa sumuk tak lagi terasa. Tapi, tak berarti kita boleh lengah dan larut dalam kebahagiaan itu, lho, Bu.

Sebabnya, musim hujan menyimpan beberapa potensi penyakit. Salah satunya adalah pilek. Jangan sampai sang buah hati menderita flu. Sehingga, alih-alih mendatangkan kebahagian, kehadiran hujan justru Ibu sesali.

Menurut situs www.kidshealth.org, virus flu memang tumbuh lebih subur di musim penghujan. Jadi, jika tak mendesak, Ibu sebaiknya tak membiarkan si kecil untuk berlama-lama terpapar udara dingin musim hujan karena daya tahan tubuh mereka tak sekuat orang dewasa. Apalagi, sampai membiarkannya bermain hujan. Semua itu demi kesehatan anak.

Berikut beberapa tips kesehatan anak yang bisa Ibu terapkan selama musim penghujan. Agar mereka dijauhkan dari flu:

Mengonsumsi buah dan sayuran
Konsumsi kedua bahan ini akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh secara signifikan. Sehingga, serangan flu dan pilek pada musim hujan bisa dicegah. Salah satu buah yang bisa Ibu pilih adalah lemon atau jeruk. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam kedua buah tadi bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga :

Tidur yang Cukup
Kurang tidur akan membuat fungsi organ-organ tubuh tak maksimal, salah satunya saat harus melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Maka, biasakan tidur teratur agar kesehatan anak terjaga dan dijauhkan dari flu, khususnya di musim penghujan.

Jauhkan dari Penderita Flu
Bila ada anggota keluarga yang menderita flu, sebaiknya Ibu meminta mereka untuk tak mendekat dengan sang buah hati, bahkan berada dalam satu ruangan yang sama. Hanya untuk sementara waktu, sampai flu yang diderita sembuh.

Ajarkan Cara Mencuci Tangan yang Benar
Virus bisa berpindah lewat sentuhan fisik. Salah satu kontak yang umum terjadi adalah jabat tangan. Nah, agar si kecil tak terkontaminasi virus, ajarkan mereka untuk rutin mencuci tangan secara benar.

Pilih Pakaian yang Tebal
Jika anak terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, pilihkan pakaian yang hangat untuk mereka. Hal ini bertujuan supaya mereka tak kedinginan sehingga kesehatan anak tetap terjaga.

Nah, itulah beberap tips kesehatan di musim penghujan yang bisa Ibu terapkan untuk anak. Selamat mencoba, ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait