©shutterstock

Aduh, Tertusuk Duri!

Si Kecil yang aktif dan suka bermain di mana-mana tak jarang sering mengalami banyak cedera, seperti tertusuk duri. Entah itu tangan atau pun kakinya. Meskipun bukan masalah besar, Anda tidak boleh meremehkannya. Sesaat setelah si Kecil mengadu tentang tangan atau kakinya yang kena duri, segera ambil tindakan agar tidak berbuntut panjang. Berikut cara-cara untuk mengobatinya, simak yuk!

Ambil Perlahan

Kalau duri belum terlalu dalam, Anda bisa mengambilnya sendiri. Cuci tangan dulu supaya bersih dan bebas bakteri, baru setelah itu cabut pelan-pelan duri yang menempel di tangan atau kaki si Kecil. Jika duri sudah tercabut segera obati luka menggunakan obat merah dan balut dengan plester. 

Bersihkan dengan Antiseptik

Setelah duri lepas, segera bersihkan luka dengan antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi. Menurut situs kesehatan asal Amerika, Medicine.net, luka tusukan yang berdarah bisa berujung pada infeksi kalau tidak segera ditangani. Bahkan jika dibiarkan dalam waktu lama dapat menyebabkan tetanus, hii..! Maka dari itu, ketika si kecil mengeluh kesakitan karena tertusuk duri, segara lakukan pertolongan pertama.

Operasi

Kala pengobatan yang satu ini dibutuhkan tenaga ahli bedah. Duri yang menancap terlalu dalam dan tidak bisa dikeluarkan secara manual harus segera diambil dengan cara operasi. Setelah melakukan hal ini, biasanya si kecil akan diberi antiseptik untuk membersihkan lukanya setiap saat.

Luka tusukan bisa berubah menjadi sesuatu yang serius kalau tidak segera mendapatkan pertolongan pertama. Tetanus misalnya. Gangguan kesehatan ini berawal dari luka kecil akibat tertusuk duri. Darah yang keluar dari luka dibiarkan begitu saja sehingga memicu tumbuhnya bakteri tetanus yang menginfeksi bagian tadi. Untuk mengatasinya Anda harus membawa si Kecil ke dokter langsung agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Membiarkan anak bermain memang hal bagus, namun tidak ada salahnya untuk selalu mengawasi. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait