©shutterstock

Agar Tak Mudah Pingsan Saat Upacara Hari Kebangkitan Nasional

Di Indonesia, tanggal 2 Mei selalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional dengan mengadakan upacara bendera, khususnya di sekolah-sekolah. Waktu yang lumayan lama terkadang membuat si Kecil kepanasan hingga jatuh pingsan. Selain itu, gejala yang disebabkan oleh sengatan panas dapat berupa lemah atau bingung, banyak berkeringat, mual, detak jantung gelap, dan urin berwarna gelap yang menunjukkan dehidrasi.

Simak tips-tips berikut ini untuk menangkalnya ya.

Cukupi Kebutuhan Cairan

Situs Family Doctor Organization yang berisi informasi kesehatan dan penyakit, serta didukung oleh organisasi American Academy of Family Physicians, menyarankan Bunda untuk meminta si Kecil meminum banyak air dan menghindari konsumsi minuman berkafein seperti teh, kopi, atau soda sebelum memulai aktivitas di luar ruangan. Gangguan kesehatan yang berhubungan dengan panas, tidak hanya disebabkan oleh suhu tinggi dan kehilangan cairan, tapi juga kurangnya garam dalam tubuh. Jika diperlukan, berikan minuman olahraga untuk membantu mengisi garam dalam tubuh, yang hilang melalui keringat.

Hindari Paparan Matahari

Jika memungkinkan, minta si Kecil untuk mencari lokasi yang tidak terkena paparan matahari langsung, misalnya mencari tempat yang ada di bawah pohon yang bersuhu lebih sejuk.  Family Doctor Organization, kembali menyarankan untuk memakaikan topi bertepi lebar, pakaian longgar dan ringan, serta tabir surya dengan minimal nilai SPF 15 apabila tidak bisa menghindari sinar matahari.

Cegah Sebelum Jatuh Pingsan

Sebagian orang merasakan pusing dan pandangan mata berkunang-kunang sebelum jatuh pingsan. Selain itu terkadang juga mengalami detak jantung makin cepat, berkeringat, dan merasa lemas. Jika merasa akan pingsan, didik anak untuk melakukan tindakan pencegahan dengan cara yang disampaikan Mary L. Gavin, MD, editor situs Kids Health Organization dan divisi General Pediatrics Alfred DuPont Hospital for Children di Wilmington, seperti mempertahankan sirkulasi darah. Jika harus berdiri dalam jangka waktu lama, sesekali kontraksikan otot kaki atau silangkan kaki untuk meningkatkan aliran darah kembali ke jantung dan otak.

Lakukan tips-tips di atas ini agar si Kecil terhindar dari risiko jatuh pingsan saat upacara bendera ya, Bunda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait