@shutterstock

Agar Tidak Mudah Mengalami Inflamasi

Inflamasi atau peradangan bisa terjadi kapan saja. Penyebabnya pun beragam, bisa karena batuk, sakit tenggorokan, hingga diet yang buruk. Untuk mengatasinya, Anda membutuhkan beberapa kiat khusus supaya kembali sehat. Apa saja ya kita-kita tersebut? Yuk cari tahu!

Minum Teh Hijau

Varian teh yang satu ini sudah terkenal dengan khasiatnya yang bagus untuk kesehatan. Ketika mengalami inflamasi, teh hijau bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk meredakannya. Penelitian dari Texas Tech University Health Science Center mengatakan bahwa, minum 2-4 gelas teh hijau setiap hari akan mencegah  peradangan dalam tubuh dan juga meningkatkan kandar polifenol. Kalau bosan dengan olahan teh hijau yang biasa-biasa saja, Anda bisa mengubahnya menjadi beraneka macam masakan unik seperti milkshake bebas gula hingga puding green tea.

Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sudah jadi rahasia umum kalau sayuran hijau punya segudang manfaat kesehatan yang ampuh. Salah satunya adalah mengatasi inflamasi. Menurut Forrest H. Nielsen, Ph.D., seorang peneliti kesehatan dari Grand Forks Human Nutrition Research Center USDA di North Dakota, sayuran berdaun hijau dan biji-bijian mengandung banyak magnesium. Mineral ini sangat bagus dalam menurunkan risiko peradangan dan meredakannya.

Ketika Anda atau si Kecil mengalami inflamasi ringan seperti radang tenggorokan, hindari makan makanan yang mengandung lemak dan ganti dengan sayuran serta buah-buahan hijau agar bisa sembuh cepat.

Rajin Minum Air Putih

Air tidak hanya bagus untuk melembapkan kulit tapi juga menyembuhkan peradangan. Namun pastikan air minum Anda benar-benar murni supaya tidak memperparah keadaan. Kalau belum yakin, gunakan water filter untuk menyaring air minum agar bebas dari material yang tidak diperlukan.

Dalam sehari, setidaknya Anda harus minum 8 gelas air putih untuk membuat badan selalu bugar. Di samping itu, air juga membantu meredakan inflamasi dan melancarkan  metabolisme dalam tubuh. Seperti yang diungkapkan situs kesehatan asal Amerika-Woman’sHealth.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Meskipun obat anti-inflamasi cukup mudah didapatkan, Anda tetap harus melakukan tindakan pencegahan supaya badan selalu kuat dan sehat. Caranya? Rajin olahraga, makan makanan sehat, berhenti ngemil junk food, dan selalu rileks kapan saja di mana saja. Semoga informasinya bisa membantu ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait