vote

Ajari Anak agar Bangga Bawa Bekal Yuk!

Kebiasaan anak usia sekolah yang menjadikan kegiatan membeli makanan saat istirahat tak hanya dilakukan untuk mengisi perut saja, akan tetapi juga sangat berpengaruh terhadap kebiasaannya dan menjadikan Ibu sulit untuk mengontrol hal tersebut.

  • Rate Artikel ini

Kesadaran orang tua, terutama para Ibu, terhadap asupan gizi si Kecil perlu ditingkatkan. Mengapa? Kebiasaan anak usia sekolah yang menjadikan kegiatan membeli makanan saat istirahat tak hanya dilakukan untuk mengisi perut saja, akan tetapi juga sangat berpengaruh terhadap kebiasaannya dan menjadikan Ibu sulit untuk mengontrol hal tersebut. Budaya bekal anak sekolah dapat menjadi salah satu solusi bagi para Ibu untuk menanggulangi hal tersebut. Dikutip dari buku Bekal Sehat untuk Anak, sebelum mempersiapkan bekal, ada beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan sebelum menyiapkan bekal agar si Kecil semakin bangga dengan bekal yang ia bawa ke sekolah.

  1. Memperhatikan wadah bekal

Kini, wadah bekal untuk si Kecil bawa semakin variatif, ada yang dilengkapi gambar lucu, disertai pemisah, serta terdapat beraneka ukuran yang dapat menyesuaikan porsi makanan si Kecil. Agar si Kecil semakin bersemangat makan, yuk perhatikan wadah bekalnya. Wadah yang disertai pemisah cocok untuk bekal dengan aneka jenis, sedangkan wadah tanpa pemisah untuk makanan satu jenis. Pilih wadah dengan karet pada bagian penutupnya agar bekal anak sekolah tidak mudah tumpah dan mengotori tas sekolahnya. Terakhir, jangan lupa untuk membersihkan wadah bekalnya dengan baik agar menjaga kebersihan dan menghindari bau tak sedap yang dapat mengurangi semangat makannya, ya Bu.

  1. Lengkapi dengan buah dan sayur

Selama ini, bekal anak sekolah identik dengan nasi serta lauk pauknya saja. Padahal, buah juga dapat Ibu sisipkan di dalamnya agar bekal si Kecil tidak membosankan. Jika si Kecil enggan makan buah secara langsung, Ibu dapat membuatkannya salad agar tampilannya semakin menarik untuk disantap. Agar tampilan salad buah tetap segar, percikkan air lemon supaya daging buah tetap kelihatan segar. Pisahkan juga saus dengan daging buahnya agar tekstur salad tidak mudah berair.

  1. Jangan terburu-buru ketika menyiapkan bekalnya

Sebelum si Kecil berangkat sekolah di pagi hari, pastikan Ibu tidak terburu-buru dan menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Misalnya, tutup wadah bekal setelah uap panas hilang. Jika bekal ditutup dalam keadaan panas, bekal si Kecil pun mudah menimbulkan bau tidak sedap. Jangan lupa untuk menyertakan sendok, garpu, serta serbet agar si Kecil mudah menyantap bekalnya.

Berbagai macam cara dapat dilakukan para Ibu untuk membiasakan si Kecil hidup sehat dan sadar terhadap kebutuhan tumbuh kembangnya. Meskipun Ibu menyediakan bekal untuk sekolah, pemberian uang saku tetap dapat dilakukan untuk membiasakan anak-anak bertanggung jawab dan mengalokasikan uangnya untuk belajar menabung. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Terbaru