Arti Karbohidrat Pada Label Nutrisi

Nasi, roti, es krim, dan juga ubi, semua makanan ini merupakan sumber karbohidrat yang sering dikonsumsi. Karbohidrat memang menjadi sumber energi utama bagi tubuh. Dengan asupan yang tepat, karbohidrat akan membuat tubuh lebih giat untuk beraktivitas. Menurut, Shereen Lehman, MS, Ahli Gizi kenamaan Amerika, karbohidrat akan diproses menjadi gula sederhana atau glukosa dan akan diubah lebih lanjut menjadi sumber energi untuk rutinitas sepanjang hari.

Selain dari sumber alami seperti yang telah disebutkan, karbohidrat juga banyak ditemukan dalam makanan kemasan. Anda bisa melihatnya dalam label nutrisi yang ada dalam bungkus kemasan. Dalam label nutrisi, karbohidrat biasa dituliskan sebagai karbohidrat total. Label ini dibagi menjadi dua percabangan, yaitu serat dan gula. Jadi, karbohidrat dalam makanan atau minuman kemasan merupakan jumlah dari serat dan kandungan gula yang ada di dalamnya.

Dari sini dapat diketahui kenapa kandungan karbohidrat yang tinggi dalam makanan kemasan kerap dikatakan tidak sehat. Karbohidrat sudah mengandung banyak gula, sehingga jika ada gula tambahan maka akan membuat kandungannya menjadi berlebihan. Bukan sehat, justru beragam gangguan penyakit yang akan didapatkan, apalagi saat mengonsumsinya berlebihan.

Shereen Lehman juga menambahkan, bila Anda ingin mengetahui banyak tidaknya gula yang ada dalam makanan atau minuman kemasan, maka bisa Anda lihat dalam label karbohidrat total. Kandungan karbohidrat dinyatakan dalam satuan gram. Selain itu, di sebelah kanannya, Anda juga akan menemukan persentase karbohidrat. Jumlah ini diambil dari hasil perbandingan jumlah karbohidrat total dengan kalori total dalam seratus persen.

Label karbohidrat total dituliskan sebelum protein dan sesudah sodium dan merupakan komponen utama dalam label nutrisi. Model penulisan ini hampir selalu sama dalam sebagian besar label nutrisi.. Hal ini dikarenakan karbohidrat menjadi indikator banyak sedikitnya kandungan gula. Sehingga, apapun makanan dan minuman kemasan yang Anda beli, bisa dengan mudah menemukan label karbohidrat dalam setiap label nutrisinya. Pungkas Shereen Lehman, yang juga merupakan anggota Academy of Nutrition and Dietetics ini.

Share artikel ini:

Artikel Terkait