@shutterstock

Asupan Gula Maksimum Bagi Si Kecil

Percaya atau tidak, sebenarnya anak-anak perlu mengonsumsi gula meskipun itu dalam jumlah yang kecil. Mereka membutuhkannya sebagai pasokan energi harian mereka. Masalahnya, anak-anak dapat mengonsumsi terlalu banyak gula yang menyebabkan nutrisi harian mereka tidak seimbang.

Anak-anak memang tidak bisa dilepaskan dari gula, tetapi mereka bisa dijauhkan. Mulai dari permen, es krim, cokelat, sampai cake pun mereka pasti menyukainya. Menurut American Heart Association, anak-anak usia 1-3 tahun rata-rata mengonsumsi 12 sendok teh gula setiap harinya. Sedangkan anak-anak dengan usia 4 sampai 8 tahun rata-rata mengonsumsi 21 sendok teh gula per harinya.

Di usia remaja, anak-anak mengalami peningkatan konsumsi gula antara 29-34 gram per harinya. Angka tersebut sudah melebihi batas konsumsi gula harian untuk anak-anak. Anak-anak hanya diperbolehkan mengonsumsi gula 3 sampai 4 sendok teh setiap harinya. Kelebihan konsumsi gula akan menyebabkan anak-anak rentan mengalami obesitas, gangguan gula darah dan masalah gigi.

Peran orang tua sangat diperlukan untuk membantu si kecil mendapatkan gizi yang seimbang. Memberikan si kecil asupan gula memang penting untuk memberikan energi, tetapi orang tua juga harus memberikan si kecil makanan dengan gizi yang seimbang. Gantilah gula dengan buah-buahan segar, karena mengandung gula alami yang tidak akan mengganggu kesehatan si kecil.

Mungkin soda adalah hal terburuk untuk anak-anak, karena di dalamnya mengandung setidaknya 10 sendok gula tambahan. Mengonsumsi soda juga berdampak kurang baik untuk pencernaannya. Makanan dan minuman lainnya juga harus diperhatikan kadar gulanya ya. Periksalah tabel nutrisi pada kemasan sereal yang Anda beli dan pastikan tidak ada gula tambahan di dalamnya.

Cara termudah untuk membatasi konsumsi gula si kecil adalah dengan memberikan aturan untuk camilannya. American Heart Association mencatat bahwa hal ini akan memotong konsumsi gula dalam jumlah besar pada anak-anak. Ketika tiba waktunya menikmati hidangan penutup, berikan si kecil olahan buah dan yogurt yang Anda masak sendiri agar menjauhkan dia dari segala macam risiko gangguan kesehatan yang disebabkan oleh gula di masa depan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait