©shutterstock

Asupan Terbaik Pendukung Produksi Sel Darah Merah

Saat tiba-tiba jatuh akibat tersandung batu, kulit akan tergores dan mengeluarkan darah. Pendarahan memang akan secara alami terjadi lantaran adanya beberapa jaringan kulit yang rusak. Seketika itulah yang membuat kulit berubah berwarna merah. Darah tersusun dari sel darah, salah satunya adalah sel darah merah.  Sel darah merah tidak bisa diproduksi secara instan dalam tubuh. Dukungan nutrisi yang cukup agar produksi sel darah merah dapat maksimal.

 

Berikut ini asupan terbaik yang dapat mendukung produksi sel darah merah dalam tubuh.

 

Vitamin C

Sumber nutrisi yang pertama yang dapat dijadikan sebagai makanan pendukung produksi sel darah merah adalah vitamin C.  Esther Sherry, ahli kesehatan dari Amerika menjelaskan vitamin C tak hanya diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Lebih dari itu, vitamin C diperlukan untuk menunjang penyerapan zat besi yang dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Vitamin C banyak ditemukan dalam buah-buahan seperti jeruk dan mangga.

 

Zat besi

Sebenarnya zat besi adalah sumber utama pendukung pembentukan sel darah merah. Mineral ini akan membentuk hemoglobin yang merupakan zat penyusun darah. Saat terbentuk dalam sel darah merah,  hemoglobin ini akan membantu mengikat oksigen sehingga bisa membuat suplai darah bersih dan kaya nutrisi lebih stabil dalam tubuh. Sumber makanan yang kaya zat besi antara lain kacang merah, sayuran dengan warna hijau gelap seperti bayam dan kale, serta kuning telur. Penjelasan ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Medline Plus.

 

Asam folat

Nama lain dari asam folat adalah vitamin B9. Zat gizi ini dapat membantu melancarkan pembentukan sel darah merah. Bahkan menurut Esther rutin mengonsumsi asam folat dapat menyumbangkan pasokan sel darah merah setiap hari. Tubuh pun akan terhindar dari beragam gangguan penyakit yang berhubungan dengan kekurangan sel darah merah seperti anemia. Asam folat banyak ditemukan dalam sereal gandum, bayam, kale dan kacang-kacangan.

 

Vitamin B12

Asupan terakhir yang dapat membantu produksi sel darah merah merupakan makanan kaya vitamin B12. Esther menjelaskan bila vitamin B12 dapat membantu sintesis DNA dan produksi sel darah merah dalam tubuh. Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kerusakan sel darah merah dalam tubuh. Sumber terbaik vitamin B12 di antaranya ikan, daging merah, telur, susu dan produk olahannya seperti yogurt dan keju.

 

Sudah tahu kan asupan terbaik pendukung sel darah merah dalam tubuh? Yuk Bu sajikan masakan dengan bahan-bahan yang baik untuk melancarkan produksi sel darah merah yang telah disebutkan di atas!

Share artikel ini:

Artikel Terkait