Ayo Main Nak! Buat Musim Kemarau Anak Penuh Kesan

Ingin anak Anda aktif bergerak dan cerdas? Ajak dia main bersama. Permainan apa saja yang bisa membuatnya bergembira? Berikut ini beberapa kegiatan bermain yang simpel, imajinatif dan menyenangkan bersama keluarga untuk mengisi musim ini seperti yang direkomendasikan parents.com.

Berburu serangga
Menggali tanah demi menemukan cacing, mengamati kadal, berburu katak dan kecebong pasti unik dan menyenangkan bagi si kecil. Demikian pula jika mengamati semut yang sedang membawa remah-remah yang besarnya melebihi tubuhnya.

Berkunjung ke stasiun pemadam kebakaran
Buatlah pie atau cookies dan antar anak-anak ke stasiun pemadam kebakaran lokal. Para petugas pemadam kebakaran akan menghargai kejutan, dan anak Anda akan bertemu dengan beberapa pahlawan, melihat truk pemadam kebakaran dengan lebih dekat dan belajar pelajaran tentang berbagi dengan orang lain.

Corat-coret
Ijinkan si kecil berkreasi dengan kapur di atas trotoar atau jalan aspal di sekitar rumah Anda. Gunakan kapur yang bisa menyala di kegelapan sehingga Anda dan si kecil bisa menikmati karya Anda berdua dari kaca jendela kamar menjelang tidur.

Ciptakan musik yang indah
Bentangkan selimut piknik di halaman belakang sebagai panggung. Minta si kecil membuat tiket untuk sebuah acara besar. Undang si kecil untuk memainkan instrumen musik rumahan, seperti pot, sendok kayu sampai shaker bersama adiknya. Kemudian atur kursi taman bagi penonton dan semangati dia dari tempat duduk Anda.

Menari di bawah guyuran hujan
Kejutkan anak Anda dengan mengajaknya main hujan-hujanan di taman belakang. Tentu saja tak ada hujan di musim kemarau, namun Anda bisa membuat hujan tiruan dengan memasang selang semprot. Ajak dia menari dengan pakaian renangnya, menangkap tetes air dengan mulut dan melompat di semua genangan air.

Bermain ayunan
Baringkan diri di dekat si kecil di atas tempat tidur ayunan di sore hari. Carilah awan yang membentuk sebuah wujud dan perhatikan hingga ia berubah bentuk. Atau Anda juga bisa menggantikannya dengan membaca buku.

Berkebun
Tak harus menanam sesuatu saat berkebun. Minta si kecil mencabuti gulma atau menyirami tanaman dengan alat penyiram mininya.

Bermain dress-up game
Bermain dress-up game tak harus melulu di depan komputer. Anda juga bisa mengumpulkan baju dan aksesoris bekas Anda dan biarkan si kecil berdandan sesukanya.

Berkemah
Gantungkan selimut usang Anda di antara ranting pohon yang terendah dan jemuran. Lalu ajak si kecil makan malam di sana, mengejar kunang-kunang dan mendengarkan 'suara malam'.

Cuci mobil
Berikan si kecil spons dan selang taman. Biarkan dia menikmati kegiatan mencuci mobil yang menyenangkan.

Itulah beberapa kegiatan menyenangkan selama musim kemarau yang bisa Anda coba.

Share artikel ini:

Artikel Terkait