vote

Bagaimana Amandel Pada Anak Dapat Terjadi?

Apakah Ibu mengetahui fungsi amandel? Amandel merupakan dua kelenjar kecil yang berada di dua sisi tenggorokan. Pada anak-anak, amandel berguna untuk melawan virus serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui tubuh.

  • Rate Artikel ini

Apakah Ibu mengetahui fungsi amandel? Amandel merupakan dua kelenjar kecil yang berada di dua sisi tenggorokan. Pada anak-anak, amandel berguna untuk melawan virus serta bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui tubuh. Amandel memproduksi sel darah putih untuk melawan virus dan bakteri tersebut. Jika mengalami infeksi atau radang, penyakit pada amandel ini dapat disebut juga dengan Tonsillitis.

Jika amandel terkena radang, hal itu juga berarti bahwa infeksi yang hendak masuk ke dalam tubuh sudah terisolasi sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh yang lain. Namun, tahukah Ibu bahwa amandel juga mengalami perubahan? Dengan semakin berkembangnya tubuh si kecil, sistem kekebalan tubuhnya pun kian berubah dan semakin kuat.  Dengan kondisi tersebut, amandel menjadi semakin tidak berfungsi dan akhirnya menyusut. Amandel, pada dasarnya, tidak memerlukan pengobatan khusus kecuali menimbulkan gangguan berlebih pada kesehatan, misalnya kesulitan bernapas.

Radang amandel pada anak umumnya terjadi akibat virus, seperti virus penyebab penyakit influenza. Menurut American Academy of Family Physicians (AFP), sekitar 15-30 persen radang amandel juga disebabkan oleh bakteri. Salah satu bakteri yang paling banyak menimbulkan radang amandel adalah bakteri streptococcus.

Untuk menghindari resiko terjadinya radang amandel pada anak, Ibu perlu memperhatikan perilaku si kecil, ya. Si kecil rentan terkena virus dan bakteri saat berinteraksi dengan teman-temannya saat bermain. Dengan kondisi tersebut, usahakan untuk tidak membatasi si kecil dalam bermain ya, Bu.

Yuk ajari si kecil untuk rajin mencuci tangan, baik sebelum makan, sesudah pergi ke kamar mandi, serta setelah bersin dan batuk. Mencuci tangan adalah salah satu langkah mengantisipasi masuknya jutaan partikel virus yang masuk ke tubuh melalui orang terdekat yang batuk atau bersin. Si kecil biasanya juga rentan tertular apabila menyentuh muka setelah memegang benda-benda yang mengandung partikel virus.  Untuk menghindari penyebaran virus penyebab radang amandel pada anak, Ibu juga dapat mengajarkan si kecil agar memakai masker ketika sakit serta menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk. 

Artikel Terkait

Terbaru