©shutterstock

Bahaya Mendengarkan Earphone Jangka Panjang

Mendengarkan musik lewat earphone memang lebih terasa. Apalagi kalau berada di ruangan terbuka yang riuh dengan suara banyak orang. Begitu pula di tempat yang tenang, tidak mungkin untuk menyalakan musik secara bebas karena bisa mengganggu orang lain. Oleh karena itu, earphone merupakan benda wajib yang tidak boleh sampai ketinggalan.

Sayangnya, terlalu sering pakai earphone dapat mengakibatkan efek samping jangka panjang bagi pendengaran. Kira-kira, apa saja ya bahayanya?

Mengganggu Pendengaran

Volume musik yang terlalu keras bisa mengakibatkan gangguan pada pendengaran. Jika suara yang keluar dari earphone lebih dari 20 desibel, sel-sel di dalam telinga akan terganggu. Kalau Anda membiarkannya saja, kemampuan mendengar akan berkurang. Bahkan bisa menyebabkan tuli.

Saat mau tidur, jangan mendengarkan musik lewat earphone. Selain mengganggu pendengaran, bagian earphone yang menonjol dapat menyebabkan telinga luka dan berdengung. Hati-hati ya!

Menganggu Kerja Otak

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Committie on Emerging and Newly Identified Helat Risk menemukan, bahwa gelombang elektromagnetik yang dikeluarkan oleh earphone bisa mengganggu kinerja otak. Penggunaan terlalu sering dengan volume suara yang keras bisa mengakibatkan otak sulit berkonsentrasi serta Anda jadi gampang pusing.

Merusak Pendengaran Secara Permanen

Mendengarkan musik lewat earphone memang memudahkan Anda dalam bekerja. Terlebih lagi kalau pekerjaan tersebut memiliki tingkat stres yang cukup besar. Musik akan membantu menenangkan pikiran dan membuat Anda kembali fokus menyelesaikannya. Namun jika terlalu sering pakai earphone dengan volume suara keras, maka pendengaran ikut terancam. Efeknya bisa merusak pendengaran secara permanen karena sel-sel di dalam telinga sudah kehilangan kemampuannya untuk menangkap suara. Meskipun ini merupakan bahaya jangka panjang, ada baiknya untuk mengurangi volume dan penggunaan earphone supaya kesehatan telinga tetap terjaga.

Telinga merupakan indra yang cukup sensitif, apalagi jika terkena suara yang terlalu keras secara terus-menerus. Saat pakai earphone, kurangi volumenya sepelan mungkin supaya telinga. Mulailah belajar merawatnya supaya selalu sehat hingga tua nanti. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait