©shutterstock

Bantu Asupan Serat Si Kecil Lewat Sereal

Sarapan apa si kecil pagi ini Bu? Roti gandum atau sereal? Hidangan sarapan memang jarang yang berupa masakan berat. Itulah alasan kenapa roti gandum yang dipanggang maupun semangkuk sereal sering menjadi pilihan. Selain lebih mudah dihidangkan dan tidak membutuhkan banyak waktu persiapan, hidangan seperti sereal juga dapat membantu melancarkan pencernaan.

 

Stephanie Chandler, ahli kesehatan sekaligus praktisi biomedis Amerika menyebutkan sereal gandum merupakan salah satu sumber makanan yang paling banyak mengandung serat di dalamnya. Serat ini berperan penting untuk melancarkan proses pencernaan dan juga memaksimalkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh.

 

Bukan hanya itu saja, keberadaan serat dalam beberapa makanan seperti buah, sayuran dan juga sereal gandum ini bertujuan melancarkan penyerapan air dalam tubuh. Munurut Stephanie itulah yang menjadi alasan kenapa konsumsi makanan berserat dianjurkan untuk dihidangkan saat sarapan. Di samping bisa merangsang lambung dan usus untuk menguraikan makanan secara mudah di pagi hari, juga untuk menjaga perut agar kenyang lebih lama.

 

Bantulah si kecil untuk mengonsumsi sereal ini secara rutin. Menambahkan dengan susu segar mungkin cara yang paling sering disajikan. Anda bisa berkreasi dengan menambahkan irisan buah-buahan seperti pisang, kiwi, stroberi maupun buah-buahan utuh dan segar seperti cherry, blueberry, blackberry yang bisa langsung dimakan bersamaan dengan sereal. Cara lainnya, dimasak dengan menambahkan cincangan daging, irisan kecil wortel, letus dan beberapa kacang-kacangan.

 

Selain bisa membuat rasa sereal lebih menggugah selera makan, kombinasi buah, sayuran dan beberapa makanan lainnya dapat membantu meningkatkan asupan serat hariannya. The National Institute of Medicine Food and Nutrition Baard menambahkan anak-anak usia 1 sampai 3 tahun perlu mengonsumsi serat sebanyak 19 gram per hari. Sedangkan anak-anak pada rentang usia 4 sampai 8 tahun memerlukan serat sampai 25 gram per hari. Sereal menjadi salah satu makanan penyumbang serat yang cukup baik, jadi jangan sampai absen saat sarapan ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait