©shutterstock

Batang Seledri Ternyata kaya Gizi Lho

Selama ini seledri hanya dimanfaatkan daunnya untuk bumbu dapur yang memperkaya citarasa sup, soto, atau tumisan. Akan tetapi, kini batang seledri juga bisa dimanfaatkan untuk beragam olahan. Ayo tengok kandungan gizi yang terdapat di dalam batang seledri.

Serat

Dua batang seledri yang masing-masing berukuran 7 inci menawarkan 12 kalori, 1,4 gram gula, dan 1,2 gram serat. Oleh karena itu, tidak salah jika memasukkan batang seledri ke dalam menu makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan serat harian. Menurut situs Livestrong, pada umumnya, pria membutuhkan asupan serat 30-38 gram per hari, sedangkan pada perempuan perlu 21-25 gram serat setiap hari. Serat membantu fungsi sistem pencernaan dan membantu mengurangi risiko penyakit, seperti sembelit dan wasir.

Tinggi Vitamin

Dalam dua batang seledri mentah berukuran 7 inci mengandung hampir 494 International Unit (IU) vitamin A yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, tulang, gigi, dan kulit. Menurut National Institutes of Health, pria membutuhkan sekitar 3000 IU vitamin A, sedangkan perempuan perlu 2310 IU per hari. Batang seledri sebanyak dua batang berukuran 7 inci juga mengandung 3,4 mg vitamin C, yang digunakan tubuh untuk memproduksi kolagen dan mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas. Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, pria dewasa perlu mengonsumsi sekitar 90 mg vitamin C, dan 75 mg per hari untuk perempuan. Seledri juga tinggi vitamin K, hanya dengan 2 batang seledri dapat memenuhi 30% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Mineral

Batang seledri juga kaya akan kalsium, setiap dua batang seledri berukuran 7 inci mengandung 44 mg yang setara dengan 4% dari 1000 mg kebutuhan yang dianjurkan setiap hari. Kalsium diperlukan tubuh untuk menciptakan tulang dan gigi yang kuat, memberikan kontribusi untuk kontraksi otot, dan transportasi sinyal melalui sistem saraf. Selain itu, dua batang seledri berukuran 7 inci juga mengandung 208 mg kalium yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem peredaran darah. Memakan 4 batang seledri memberikan kadar kalium yang sama dengan pisang berukuran kecil.

Melihat kandungan gizinya yang mencakup serat, vitamin, dan mineral yang cukup tinggi, tambahkan batang seledri ke dalam smoothie dan makan sebagai kudapan, baik dimakan langsung dalam keadaan mentah atau mencelupkannya ke dalam selai kacang untuk menambah cita rasa.

Share artikel ini:

Artikel Terkait