@shutterstock

Beda Sodium dan Garam Dapur

Banyak masyarakat yang beranggapan jika garam dapur kaya akan sodium yang baik untuk fungsi otot dan jantung. Padahal, sodium tidak cuma terkandung dalam garam dapur saja. Dr. Handrawan Nadesul mengemukakan kelebihan mengonsumsi garam  dapur dapat berakibat darah tinggi melonjak. Lalu, bagaimana harus menyikapinya. Simak ulasan berikut ini ya.

Masyarakat terlanjur terbiasa dengan menu makanan dengan asin yang agak kuat. Kemudian, munculnya anggapan jika garam dapur adalah sumber makanan yang kaya akan sodium.  Dalam garam dapur memang  terkandung unsur sodium yang penting untuk mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Namun, bukan berarti garam dapur adalah satu-satunya sumber makanan yang mengandung sodium bukan?

Tahukah Anda, jika konsumsi garam yang berlebihan dapat membawa seseorang memasuki risiko darah tinggi atau hipertensi. Selain itu, garam dapur berlebihan dalam darah dapat mengurangi kadar kalsium dalam tubuh sehingga dapat mengancam massa tulang dan kekuatannya. Oleh karena itu, kurangi konsumsi garam dapur Anda ya. Pasalnya, makanan yang tidak terlalu asin lebih menyehatkan lho.

Menurut Dr Handrawan Nadesul, jika Anda menyaksikan suku terasing di pedalaman yang jauh dari laut dan tidak mengonsumsi garam dapur tetap memiliki tubuh yang sehat lho. Mereka memperoleh sodium dari sumber makanan yang ada di alam seperti aneka buah-buahan dan sayuran.

Sayur bit adalah salah satu sayuran yang kaya akan sodium. Sayuran berwarna merah dan emas ini mengandung sekitar 65mg sodium dan menjadi bahan makanan pengganti garam yang favorit. Selain itu, seledri dan wortel juga merupakan sayuran yang mengandung sodium. Kedua sayuran ini memiliki 50mg sodium dan memberikan rasa gurih pada masakan.

Bahan makanan lain yang kaya akan sodium adalah daging. Daging sapi memiliki kandungan sekitar 65mg sodium per porsinya. Oleh karena itu, jika memasak daging sebaiknya tidak terlalu banyak memberikan garam karena daging secara alami memiliki rasa asin. Garam dapur hanya menambah cita rasa tajam pada menu harian Anda dan tidak seluruhnya memberikan manfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang terlanjur tidak dapat terlepas dari cita rasa asin bisa menggunakan garam dapur yang rendah sodium.

Pilihlah menu makanan dengan lebih bijaksana, tidak hanya lezat namun juga yang menyehatkan tubuh. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait