@shutterstock

Belajar Hidup Sehat ya, Nak!

Kesadaran dalam hidup sehat sejatinya diperlukan sejak dini. Hal ini begitu penting karena tubuh sehat akan lebih banyak memberikan manfaat. Meski begitu, tak semua orang bisa melakukannya dengan mudah. Beragam alasan seperti malas dan tidak ada yang mendukung menjadi penyebabnya. Jika hal itu benar, maka berikanlah dorongan buah hati Anda, agar dia semangat untuk menjalani hidup sehat.

Adapun cara pintarnya dapat Anda simak sebagai berikut.

Mendorong olahraga
Ayoo... ajak si kecil olahraga. Jangan biarkan buah hati Anda berdiam diri terus di dalam rumah. Matikan TV dan dorong si kecil untuk menghirup udara segar dan bermain dengan teman-temannya. Anda bisa mengajaknya olahraga bersama seperti jalan-jalan pagi atau bersepeda di sekitar taman. Aktivitas ini akan mengawali belajar hidup sehat oleh si kecil.

Mengutamakan nutrisi
Usai berolahraga, ajaklah si kecil untuk menikmati hidangan yang bergizi tinggi. Sajikan makanan yang kaya protein seperti bakso daging, suwir ayam, ikan panggang atau omelet telur. Jangan lupa menyajikan sayuran dan buah-buahan dalam setiap sajiannya. Sementara untuk mengimbangi porsi makan sajikan beras merah atau roti gandum sebagai pengganti nasi putih. Nutrisi lengkap ini akan membantu proses tumbuh kembang si kecil supaya lebih lancar.

Mengurangi waktu nonton TV
Kebiasaan yang satu ini sebaiknya dibuatkan agenda atau jadwal khusus. Anda bisa mengatur setting  TV agar bisa mati otomatis saat dia mulai memasuki jam olahraga, makan, belajar dan juga istirahat. Lewat pengaturan yang tepat TV akan menjadi sumber pengetahuan yang tidak memberikan dampak buruk bagi perkembangan anak-anak. Hal yang sama juga perlu diterapkan pada gadget yang dimilikinya.

Memperat hubungan
Kadang anak memiliki kebiasaan hidup yang tidak sehat lantaran sering ditinggalkan sendiri di rumah. Meski karena alasan kesibukan kerja, tetapi sikap semacam ini mudah membuat anak kesepian. Di samping itu, si kecil juga kurang mendapatkan pengawasan. Sebaiknya, mulailah untuk memberikan waktu yang lebih banyak buat si kecil. Berikan kasih sayang Anda kepadanya secara keseluruhan. Dengan begitu, si kecil lebih mudah beradaptasi untuk mulai belajar hidup sehat.

Mudah bukan? Segera ajak si kecil untuk memulainya ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait