@shutterstock

Beragam Kebaikan Buah dan Sayur untuk Si Kecil

Ada mangga, pisang, alpukat, apel, jeruk, apalagi ya? Buah-buahan ini memang sangat lezat untuk dinikmati setiap hari karena kaya kandungan nutrisi sehingga penting untuk dikonsumsi. Sebut saja vitamin dan mineral yang sebagian besar berada dalam buah-buahan. Selain buah, nutrisi tersebut juga banyak tersimpan dalam sayuran. Sayangnya, makanan sehat ini kurang begitu diminati oleh anak-anak.

Bahkan, bukan hanya di Indonesia saja buah dan sayuran ini kurang disukai oleh anak-anak. Laporan Departemen Kesehatan New South Wales (NSW) Australia menyebutkan 60 persen anak-anak yang tinggal di Australia kurang begitu gemar memakannya. Dalam arti lain, asupan yang mereka makan masih belum memenuhi kebutuhan akan serat, vitamin dan nutrisi harian lainnya.

Keengganan anak untuk makan sayuran kebanyakan dipengaruhi oleh iklan di TV yang menggambarkan lezatnya makanan cepat saji, junk food dan minuman bersoda. Anak yang lebih banyak menonton TV lebih suka mengonsumsi jenis makanan dan minuman tersebut dibandingkan menyantap sayuran dan buah-buahan yang Anda masak. Akibatnya mereka lebih rentan mengalami gangguan kesehatan, terutama yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Departemen Kesehatan NSW Australia juga mengatakan buah-buahan dan sayuran ini memiliki peranan yang sangat baik untuk kesehatan si kecil. Nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Lewat proses ini, penyerapan nutrisi dalam tubuh menjadi lebih maksimal dan proses tumbuh kembang si kecil pun menjadi lancar.

Bukan hanya itu saja, konsumsi buah-buahan dan sayuran yang cukup dapat membantu meningkatkan  pasokan energi dalam tubuh si kecil. Dia pun dapat beraktivitas dengan lancar dan dapat menjalani proses belajar dengan maksimal. Kebaikan lainnya, si kecil tidak akan mudah lelah dan merasa kantuk saat di sekolah.

Dorong si kecil untuk mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara rutin agar dapat memiliki kekebalan tubuh yang baik, sehingga tidak mudah mengalami beragam gangguan penyakit baik sekarang maupun di masa depan.

Share artikel ini:

Artikel Terkait