Berdayakan Pencernaan Sehat Buat Si Kecil

Pemilihan makanan yang kurang tepat dan pola makan kurang sehat, dapat menyebabkan gangguan pencernaan bagi si kecil. Duh, kasihan kan jika si kecil sakit perut. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitasnya. Agar kesehatan dan pencernaan si kecil terjaga, yuk pahami ulasan penting berikut ini.

Berikan makanan fermentasi sebelum makan

Sebagai sumber kaya enzim, makanan yang difermentasi secara alami membantu untuk memecah makanan dan meningkatkan bakteri baik dalam tubuh. Mengonsumsi makanan fermentasi, seperti kefir, yogurt, sayur fermentasi, dan kombucha dapat menyehatkan pencernaan sekaligus mengurangi risiko munculnya bakteri jahat.

Konsumsi banyak serat

Erin Helmick, RD, seorang ahli diet Gastroenterology Department di Children’s Hospital of Michigan, Detroit menyatakan sembelit atau gangguan pencernaan pada anak paling banyak disebabkan oleh kurangnya konsumsi serat dan zat besi. Sayuran dan buah adalah sumber serat utama yang harus diperhatikan oleh para ibu. Pastikan si kecil mendapatkan sayur dan buah pada menu sehatnya setiap hari.

Mengonsumsi banyak cairan

Beth Pinkos, MS, RD, LDN, seorang ahli diet Department of Pediatric Gastroenterology, Hepatology, Nutrition and Liver Diseases di Hasbro Children’s Hospital, Rhode Island menyatakan salah satu poin penting dalam menjaga kesehatan pencernaan si kecil adalah konsumsi cairan yang banyak. Mengonsumsi banyak serat saja tidak cukup, tanpa adanya dukungan dari cairan.

Dengan memiliki pencernaan yang sehat, pertumbuhan dan perkembangan si kecil bisa lebih optimal. Oleh karena itu, selalu jaga pola makan si kecil dengan memberikan makanan yang sehat bagi pencernaannya. Semoga bermanfaat.

Share artikel ini:

Artikel Terkait