@shutterstock

Biasakan Si Kecil Minum Susu di Gelas, Yuk!

Si kecil sudah waktunya beralih minum susu di gelas? Terkadang memang susah mengajarkan kebiasaan baru pada si kecil di usia yang masih sangat dini. Namun, minum susu di gelas memiliki banyak manfaat sehat lho. Selain lebih higienis, minum di gelas akan menjaga struktur gigi si kecil tumbuh lebih rapi dan sehat. Oleh karena itu, simak tips membiasakan si kecil minum susu berikut ini yuk.

Ajak dengan lembut
Kebanyakan anak-anak pasti menangis jika Anda memaksanya minum menggunakan gelas secara tiba-tiba. Untuk pertama kali, cobalah membantu anak minum susu dengan bantuan sendok. Biarkan si kecil memegang susu dalam gelas dan ikut mengaduk susu di dalamnya.

Keesokan harinya, mintalah dengan lembut si kecil untuk meminum susunya langsung dari gelas. Jika masih menolak, gunakan cara sebelumnya. Namun, jika si kecil tidak rewel, selamat Anda ibu yang sangat penyabar.

Gunakan gelas berbahan aman dan menarik
Anda harus memperhatikan bahan gelas si kecil dengan baik. Pastikan tidak dari bahan kaca yang mudah pecah dan plastik yang kasar. Pilihlah gelas berbahan plastik dengan kualitas yang baik. Harga bukan menjadi masalah kan untuk keamanan si kecil? Selain itu, pilihlah warna dan gambar cerah yang dapat menarik perhatian si kecil.

Jadilah contoh
Anak-anak selalu  menirukan gaya orang dewasa. Dengan sering menunjukkan cara minum dari gelas yang menyenangkan, anak akan tertarik mencobanya untuk juga. Agar lebih menarik, Anda bisa membeli gelas keluarga. Ketika si kecil melihat seluruh anggota keluarga menggunakan gelas yang sama, dia pasti merengek meminta gelas yang sama. Cara ini cukup ampuh kok.

Selalu ada proses yang panjang saat menghantarkan anak minum memakai gelas dan proses ini tidak akan berhasil tanpa kesabaran seorang Ibu. Percayalah, Anda adalah Ibu yang hebat, selamat mencoba ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait