©shutterstock

Bumbu-Bumbu Dapur Sehat Untuk Makanan Si Kecil

Sebagai orang Indonesia, Anda dikelilingi oleh banyak sekali bumbu rempah yang memberikan warna tersendiri pada masakan. Nah, dalam Dalam rangka mengenalkan si kecil dengan makanan padat, Anda harus cermat memilih bumbu dapur yang tepat. Selain rasanya, kandungan gizi dan khasiatnya juga harus dipertimbangkan agar si kecil tidak sampai alergi atau mengalami masalah kesehatan. Bu, cari tahu yuk apa saja bumbu dapur yang sehat dan pas untuk si kecil!

Kayu manis

Dr. Wendy Bazzilian, penulis The SuperFoodsRx Diet: Lose Weight withe the Power of SuuperNutrients," mengatakan bahwa kayu manis adalah bumbu dapur yang serba guna. Tambahkan ½ sampai 1 sendok teh dalam kopi atau teh, maka rasanya akan semakin manis. Anda juga bisa lho menambahkan rempah yang satu ini pada semangkuk oatmeal atau smoothies untuk membuat kedua makanan tersebut semakin sehat.

Menurut Dr. Bazilian, kayu manis juga kaya akan senyawa alami polifenol yang bertindak sebagian insulin dalam tubuh dan mengatur kadar gula darah. Hebat ya? Tambahkan kayu manis di kudapan si kecil yuk.

Oregano

Dr. Bazilian menganggap oregano adalah mini salad dengan sejuta antioksidan. Dalam satu sendok teh oregano terdapat kandungan antioksidan setara dengan tiga cangkir brokoli. Hebatnya lagi, bumbu dapur yang satu ini akan membuat rasa masakan semakin lezat. Anda bisa menambahkannya ke saus pizza buatan sendiri atau ke atas sandwich keju panggang. So, yummy!

Kunyit                                                                                                                                                      

Jika Anda sering minum jamu atau memasak kari, pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur ini. Warnanya yang kuning membuat kunyit nampak berbeda dari rempah lainnya. Namun, siapa sangka, di balik warnanya yang sulit hilang kalau kena tangan itu, kunyit ternyata berperan besar dalam menjaga kesehatan otak dan melindunginya dari penurunan kognitif akibat penuaan.

Jahe

Bagi si kecil, mungkin jahe terasa pedas di lidah. Namun , rasa pedas yang diakibatkan jahe malah akan membuat badan hangat dan perut terasa lega. Anda bisa  memberikan teh jahe hangat pada si kecil di atas usia satu tahun karena dia sudah mulai belajar tentang aneka rasa dalam makanan. Dr. Bazilian bahkan berpendapat bahwa jahe bagus untuk mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi rasa sakit dalam tubuh.

Menarik bukan? Rempah mana saja Bu yang sudah Anda kenalkan pada si kecil? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait