Buncis, Si Hijau Yang Menyehatkan

Sering disajikan sebagai tumisan maupun pendamping sup sayur, menjadikan buncis sebagai sayuran yang tak asing untuk dikenali. Rasanya yang enak dan mudah dimasak dengan apapun kian membuat sayuran ini tak sepi peminat. Terlepas dari rasa dan cara pengolahannya yang mudah, buncis ternyata menyimpan banyak manfaat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan perut

Manfaat yang pertama bisa membantu menjaga perut agar tetap sehat. Dilansir dari Nutrition Journal, Cynthia Sass, MPH, RD, ahli gizi Amerika menyebutkan mengonsumsi buncis tiga kali sehari dapat melancarkan proses pencernaan dan menjauhkannya dari beragam gangguan. Buncis mengandung serat yang melimpah. Zat gizi inilah yang membantu melancarkan proses pencernaan hingga perut tampak lebih sehat. 125 gram buncis bisa menyumbang 10 gram serat.

Mencegah konstipasi

Salah satu imbas dari gangguan pencernaan yang tidak sehat dapat memicu timbulnya konstipasi atau gangguan sulit buat air besar. Lebih lanjut, buncis mengandung serat terlarut dan tidak terlarut di dalamnya. Serat ini bisa menguraikan makanan yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih lembut dan siap untuk dicerna nutrisinya. Hasilnya, usus besar tidak perlu sampai mendorong terlalu susah kotoran yang akan dikeluarkan dari anus.

Mengontrol gula darah

Manfaat selanjutnya dari buncis adalah menjaga gula darah tetap stabil. Cynthia mengatakan serat bukanlah satu-satunya keistimewaan yang dimiliki buncis. Kacang ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak sampai mempengaruhi kenaikan gula darah saat dimakan. Adanya serat dan protein dalam buncis juga membuat penguraian karbohidrat menjadi lebih lambat dan membuat gula darah tetap stabil.

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat yang ini mungkin yang paling spesial dari buncis. Sebab, kesehatan jantung menjadi prioritas yang perlu dipertahankan. Menurut Cynthia, buncis memiliki peran mengurangi kolesterol dalam tubuh. Apabila setiap 1 persen kolesterol dalam darah dapat dikurangi, maka risiko mengalami gangguan jantung dapat berkurang sampai 2 persen. British Medical Journal menambahkan fungsi ini tak luput dari kandungan serat buncis yang sangat tinggi.

Cukup jelas kan manfaat buncis ini bagi tubuh? Jangan menunda-nunda lagi untuk memakannya ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait