©shutterstock

Bunda... Kakiku Bernanah!

Berlarian bebas memutari lapangan, taman atau ruangan dalam rumah sudah menjadi hobi anak-anak. Bahkan, mereka pun jarang mengeluh lelah lantaran terlalu banyak berputar-putar. Baru setelah terjatuh biasanya si kecil akan berhenti bermain. Bila tempat bermainnya tidak banyak benda tajam mungkin tak masalah, tetapi jika dia berlarian di taman dengan media yang landai dan terjal mudah sekali menimbulkan luka saat terjatuh.

Mulanya si kecil akan merasa kesakitan namun Anda tak perlu cemas. Segeralah memberikan pertolongan dengan membersihkan luka dan memberinya antibiotik. Beberapa waktu kemudian mungkin akan muncul ruam hingga akhirnya si kecil bilang, “Bunda... kakiku mulai keluar nanah”. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Dr. Melissa Conrad dari Medicine Net menjelaskan nanah bermula dari ruam atau bisul yang terjadi akibat infeksi dalam folikel rambut atau kelenjar minyak. Bisul ini ditandai dengan warna kemerahan dan kulit yang sedikit lentur akibat lebam. Sering waktu akan memulai proses pengerasan dan pusat bisul akan penuh dengan sel darah putih yang melawan kuman penyakit penyebab infeksi.

Menurut Dr. Melissa kumpulan sel darah putih, bakteri dan protein yang bercampur jadi satu ini selanjutnya disebut sebagai nanah. Selanjutnya, nanah akan ke luar secara otomatis melalui permukaan kulit. Sementara penyebab munculnya nanah karena infeksi dari bakteri Staphylococcus yang juga sering menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Kabar baiknya, bisul atau kaki yang bernanah akibat luka ini dapat diobati sendiri di rumah. Cara paling mudah yang bisa dilakukan dengan merendam bagian yang lebam atau mengalami ruam ke dalam air hangat. Proses ini bertujuan untuk mengalirkan aliran darah ke bagian tubuh yang luka agar mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sirkulasi darah ini juga akan membawa sel darah putih dan antibodi ke bagian bisul. Jangan pernah menusuknya dengan jarum karena bisa meningkatkan infeksi.

Demikian yang disampaikan oleh Dr. Melissa Conrad. Semoga bermanfaat ya, Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait