©shutterstock

Cara Alami Atasi Sembelit Pada Si Kecil

Pernahkah buah hati Anda mengalami sembelit? Ya, gejala susah buang air besar ini umum terjadi pada si Kecil dengan gejala memiliki kebiasaan buang air besar kurang dari tiga kali dalam satu minggu. Selain karena makan yang tidak sehat juga karena kebiasaan yang buruk seperti duduk seharian depan TV.

Untuk mencegah sembelit ke arah yang lebih parah, perhatikan kebiasaan buang air si Kecil berdasarkan asupan makanan yang dikonsumsinya. Setiap anak memiliki pencernaan yang berbeda, sehingga penanganan yang satu dengan yang lainnya juga akan berbeda. Agar Anda tidak bingung lagi, simak ulasan cara mengatasi sembelit anak secara alami berikut ini yuk.

Konsumsi probiotik

Bakteri baik yang ada di dalamnya bisa  mendukung sistem pencernaan si Kecil. Selain dia tak mudah sembelit, probiotik juga mampu mendukung perkembangan otak anak. Sediakan selalu makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt atau susu fermentasi. Perlu diingat, jika si Kecil baru melakukan pengobatan, hindari penggunaan probiotik sampai 6 bulan setelah masa pengobatan.

Hindari makanan manis

Gula tambahan dan sirup jagung bisa mengganggu keseimbangan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Akibatnya, si Kecil akan mengalami masalah buang air besar termasuk sembelit, proses belajar nya pun jadi terganggu.

Konsumsi lemak sehat

Tambahkan setidaknya satu sendok makan minyak kelapa, olive oil dan minyak sayur pada setiap makanannya. Hal ini ditujukan untuk melumasi usus agar lebih mudah dalam melakukan proses pencernaan makanan. Untuk menambahkan lemak sehat bagi si Kecil, Anda juga bisa menambahkan lemak hewani seperti bebek, ayam dan daging sapi pada olahan yang dimasak dalam suhu tinggi.

Sebaliknya, jika memasak dalam api sedang, minyak zaitun dan mentega bisa menjadi pilihan. Kandungan asam lemak omega-3-nya bisa melumasi usus dan mencegah peradangan.

Sajikan buah dan sayuran

Makanan kaya serat ini menjadi pilihan utama yang tak boleh ditinggalkan. Kubis, pir, kacang polong, kelapa, ubi manis dan asparagus ditengarai bisa mencegah sembelit. Sajikan dalam bentuk olahan yang beragam, misalnya membuat sup yang sehat dan smoothie lembut yang menyegarkan. Dengan begitu, makanan sehat ini bisa lebih disukai si Kecil yang aktif bergerak dengan aksi pintar dan akal pintarnya.

Untuk menghindari si Kecil mengalami sembelit, buatlah pola makan yang sehat baginya mulai sekarang. Selain bagus untuk tubuhnya, pola makan yang sehat merupakan dasar si Kecil agar untuk menyambut pertumbuhannya dengan lebih baik lagi.

Share artikel ini:

Artikel Terkait