Cara tepat membersihkan telinga anak

Ibu, telinga si kecil harus dibersihkan secara rutin. Jika tidak, kotoran di dalamnya bisa mengeras. Alhasil pendengaran anak bisa terganggu.

Ini beberapa langkah yang bisa ibu lakukan untuk membersihkan telinga si kecil.

1. Membersihkan daun telinga

Setiap si kecil mandi, gosoklah daun telinganya dengan air. Ini akan membantu melepaskan kotoran yang menempel di sana. Sesudahnya, gosok handuk yang sudah diberi sedikit air ke daun telinga anak untuk membuatnya lebih bersih lagi

2. Membersihkan lubang telinga

Untuk membersihkan lobang telinga, gunakanlah cotton buds. Tapi jangan sampai salah pakai. Jika Ibu memakainya terlalu dalam, kotoran malah terdorong semakin dalam dan menumpuk. Alhasil telinga malah makin tersumbat.

Cara paling tepat untuk menggunakan cotton buds adalah cukup di permukaan lubang telinga saja (kurang lebih 1 cm). Gunakan hanya ujung kapas dari cotton buds. Jika Ibu menggunakannya terlalu dalam, kapas dari cotton buds berisiko tertinggal di dalam lubang telinya anak. Akibatnya bisa fatal.

Baca Juga: Cara Terbaik Bersihkan Telinga


3. Menggunakan cairan pembersih

Jika kotoran telinga sudah mengeras, gunakan cairan pembersih telinga untuk membuatnya menjadi lunak. Ingat ya, bu, selalu konsultasikan dulu ke dokter jika ingin menggunakan cairan ini. Jangan juga menggunakan cairan lain tanpa resep dokter.

Yang perlu diingat, jangan sampai usaha ibu membersihkan telinga si kecil malah membuatnya terkena infeksi. Usahakan lakukan selembut mungkin dan jangan terlalu dipaksakan. Jika ibu merasa kotorannya sulit dijangkau, sebaiknya bawa si kecil ke dokter untuk mengeluarkan kotorannya.

Selamat mencoba ya, bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait