@shutterstock

Cara Terbaik Meningkatkan Imun Tubuh

Belakangan cuaca sering tidak menentu. Kadang panas terik, kadang hujan dan suhu langsung turun drastis. Hal ini tidak bagus lho untuk kesehatan si kecil. Anda harus melindunginya dan meningkatkan kekebalan tubuh supaya si kecil selalu bugar. Bagaimana caranya? Simak tips yang berikut ini yuk!

Rajin Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting dalam kehidupan. Selain menjaga tubuh tetap kuat dan sehat, olahraga juga bagus untuk meningkatkan sistem imun si kecil. Menurut sebuah studi dari American Journal Of Medicine, latihan fisik selama 45 menit setiap hari akan membantu mengurangi risiko si kecil terserang pilek atau flu.

Setiap pagi, ajak si kecil berolahraga ringan, seperti jogging keliling kompleks atau berangkat sekolah sambil jalan kaki. Kalau tidak sempat, bisa dilakukan saat sore hari dengan bersepeda ke taman atau main lompat tali. Mudah bukan?

Ngemil Sayur dan Buah

Makanan juga bisa mengganggu kekebalan imun si kecil. Oleh karenanya, selalu berikan si Kecil makanan yang sehat dan bergizi. Sisihkan semua junk food di rumah dan ganti dengan sayuran serta buah. Kedua makanan ini akan membantu mencukupi kebutuhan vitamin si kecil sehingga imun tubuhnya kembali kuat.

Anda bisa mengolah sayuran dengan cara merebusnya atau dikukus. Sedangkan untuk buah, bisa disediakan segar atau diolah menjadi salad dan sate saus cokelat. Bisa juga dicampur dengan plain yoghurt untuk taste yang lebih yummy. Si kecil pasti suka sekali lho.

Rajin Cuci Tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang banyak menyimpan bakteri. Sebelum makan, ajak si Kecil  cuci tangan dulu supaya kuman tidak ikut masuk ke dalam tubuh. Gunakan air hangat dan sabun cuci tangan khusus agar bersihnya sempurna. 

Sistem imun yang kuat akan melindungi anak Anda dari berbagai macam penyakit yang mengintai di luar sana, seperti flu, demam, dan sakit perut. Maka dari itu, yuk ajarkan si Kecil pola hidup bersih dan sehat agar dia bisa bermain dengan ceria. Selamat mencoba ya!

Share artikel ini:

Artikel Terkait