@shutterstock

Carrot Muffin, Berapa Kandungan Gulanya?

Wangi muffin wortel yang baru keluar dari oven menyebar ke seluruh penjuru rumah. Namun, muffin wortel yang manis dan lezat bisa jadi mengandung banyak gula yang mengancam kesehatan Anda. Satu sendok gula pasir mengandung 16 kalori. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gula dalam muffin wortel buatan Anda.

Rata-rata muffin buatan sendiri mengandung 2 sampai 3 sendok teh gula atau 8 sampai 12 gram gula. Diperlukan persamaan matematika untuk mengetahui berapa banyak gula yang digunakan dalam resep. Satu cangkir gula sama dengan 48 sendok teh gula. Jadi, jika dalam resep menggunakan ½ cangkir gula, berarti muffin wortel Anda mengandung 24 sendok teh gula. Bagikan jumlah gula yang digunakan dengan berapa banyak muffin yang akan dibuat. Sebagai contoh jika Anda membuat 12 muffin, maka bagi 24 dengan 12 sehingga setiap muffin mengandung 2 sendok teh gula.

Perempuan tidak boleh mengonsumsi lebih dari 6 sendok teh gula setiap harinya. Sedangkan untuk laki-laki tidak boleh lebih dari 9 sendok teh gula setiap harinya. Jika Anda mengonsusmsi gula lebih dari itu, maka tubuh akan rentan terkena gangguan gula darah, kerusakan gigi, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2. Seperti yang sudah diketahui, kelebihan konsumsi gula akan memberikan dampak buruk bagi tubuh.

Untuk menghindari dampak negatif gula, Anda bisa menggunakan bahan alternatif pengganti gula, seperti sucralose dan xylitol. Menggunakan bahan alternatif pengganti gula tidak akan merusak tekstur dan rasa dari muffin wortel. Jika tidak yakin untuk menggunakan bahan alternatif gula sebagai pengganti gula dalam resep, Anda bisa mengurangi jumlah gula yang digunakan hingga ½ cangkir.

Selain menggunakan pemanis, Anda bisa menambahkan bahan-bahan bergizi lain untuk muffin wortel. Sebagai contoh, selain mengurangi jumlah gula yang digunakan dalam resep, tambahkan pasta wortel buatan sendiri ke dalam resep. Pasta wortel akan mengurangi kandungan minyak dalam adonan dan memberikan tambahan rasa manis.

Rempah-rempah seperti kayu manis atau pala, dan perasa seperti ekstrak vanili juga bisa digunakan untuk menggantikan rasa manis dari gula dalam muffin wortel buatan Anda.

Share artikel ini:

Artikel Terkait