Dampak Negatif Lemak Trans Bagi Kualitas Berpikir Si Kecil

Dalam aneka makanan yang disajikan dengan cara digoreng, ternyata terdapat banyak lemak trans yang dapat mengganggu kesehatan. Konsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebihan dapat menurunkan kualitas berpikir si kecil lho. Simak penjelasan lebih lanjutnya berikut ini yuk.

Para peneliti di UC San Francisco telah melakukan uji kesehatan pada 1000 pria sehat yang telah memakan berbagai jenis lemak trans. Hasilnya, lemak trans tidak hanya berpengaruh pada kenaikan berat badan tapi juga melemahkan kualitas berpikir dan daya ingat. Beatrice Golomb, MD, PhD, pemimpin penelitian tersebut mengatakan setiap gram lemak trans yang ditambahkan per hari, maka 0,76  kata lebih sedikit diingat.

Lemak trans adalah lemak yang sulit untuk diuraikan oleh tubuh. Konsumsi yang berlebih menyebabkan peningkatan berat badan yang berimbas pada penyempitan pembuluh darah. Alhasil, otak tidak dapat menerima asupan nutrisi yang maksimal melalui darah sehingga daya pikir dan kinerja otak jadi melemah.

The American Heart Association menyarankan untuk mengurangi bahkan menghentikan konsumsi lemak trans pada menu sehat Anda. Apalagi, bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk menghilangkan penyakit kardiovaskular, lemak trans sangat harus dihindari. Hal ini dikarenakan lemak trans tidak hanya memberikan risiko penyakit kardiovaskular tetapi juga berbahaya untuk kesehatan otak.

Mulai sekarang, usahakan untuk menghindarkan si kecil dari makanan yang kaya akan lemak trans ya. Lebih baik, sajikan makanan dengan penyajian direbus, dikukus atau dipanggang saja karena lebih aman. Yuk, sajikan makanan sehat setiap hari bebas dari lemak trans untuk si kecil yang lebih sehat!

Share artikel ini:

Artikel Terkait