@shutterstock

Diam-diam Vitamin K Menyimpan Sejuta Manfaat Bagi Tubuh Lho

Berbicara tentang vitamin, ada beberapa yang di antaranya begitu familiar baik dibaca maupun didengarkan. Sebagian orang sudah cukup paham jika vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Ada juga vitamin B dan E yang sama-sama baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Selain vitamin A, B, C, D dan E masih ada satu vitamin lagi yang ternyata cukup bermanfaat. Vitamin ini tak lain adalah vitamin K.

Meski popularitasnya tak setenar vitamin lainnya, tetapi jangan pernah memandang sebelah mata manfaat vitamin K berikut ini.

Menjaga kesehatan jantung
Salah satu ahli kesehatan kenamaan New York, Dr. Mercola, menjelaskan vitamin K terbagi menjadi tiga jenis, yaitu vitamin K1, K2 dan K3. Vitamin K2 atau yang dikenal juga dengan menakuinon dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam pembuluh darah Arteri. Kalsium yang berlebihan dalam pembuluh darah dapat terbawa ke luar agar tak berkumpul dalam pembuluh darah maupun otot tubuh. Proses peredaran darah lancar, jantung pun tetap sehat terjaga.

Menjaga kesehatan tulang
Keberadaan vitamin K2 dalam darah akan berfungsi optimal untuk mengangkut atau mengedarkan kalsium ke seluruh tulang dan otot tubuh. Tak hanya itu, vitamin K2 juga turut membantu mengumpulkan beragam mineral yang dibutuhkan oleh tulang, sehingga kesehatan dan kekuatan tulang dalam tubuh dapat terpelihara dengan baik. Hal ini sesuai dengan penjelasan Dr. Mercola.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Di samping peran vitamin K2 yang lebih dominan, vitamin K1 juga tak kalah baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menurut Dr. Mercola, bersama-sama dengan vitamin K2, vitamin K1 dapat meningkatkan imunitas tubuh. Penelitian yang dilakukan pada tahun 2003 yang terlansir dalam International Journal of Oncology  menjelaskan kedua vitamin K ini dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan membendung radikal bebas yang sewaktu-waktu bisa membuat daya tahan tubuh melemah.

Sumber antioksidan
Dr. Mercola kembali menjelaskan tak jauh beda dengan vitamin C dan B yang memiliki peran sebagai sumber antioksidan atau zat yang bisa membantu menjaga kekebalan tubuh, vitamin K juga termasuk sumber antioksidan yang sangat baik. Vitamin ini termasuk vitamin yang larut dalam lemak. Sumber vitamin K banyak ditemukan dalam hati ayam, hati sapi, daging kalkun, daging domba dan itik.

Oleh karena sumber makanan yang mengandung vitamin K termasuk makanan yang jarang dimakan setiap hari, pantas saja jika kebutuhan vitamin K dalam tubuh termasuk yang paling jarang terpenuhi. Sekarang Anda sudah mengerti kan, jadi langsung masukkan dalam daftar menu harian ya.

 

Share artikel ini:

Artikel Terkait