©shutterstock

Dongkrak Imun Tubuh Dengan Jamur Yuk

Perubahan cuaca dari musim panas ke hujan, maupun sebaliknya, dapat menyebabkan tubuh rentan mengalami flu. Ada beberapa makanan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh, salah satunya adalah jamur. Sering dijadikan bahan tambahan dalam masakan, jamur sudah digunakan beratus-ratus tahun yang lalu dalam pengobatan tradisional di Asia, karena khasiatnya yang mampu melawan berbagai penyakit.

Tidak semua jamur memberikan manfaat untuk mendongkrak sistem imunitas tubuh kita, Bu. Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Shiitake

Mudah dijumpai di pasaran, jamur yang satu ini dikenal memiliki kandungan vitamin, mineral dan polisakarida bernama Lentinan, yang cukup tinggi. Komponen kimiawi inilah yang meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.  Shiitake juga telah digunakan pada pengobatan tradisional untuk para penderita tumor dan kanker. Manfaat antibakterinya melawan penyakit yang disebabkan oleh candida dan bakteri strep dan staph. Untuk memanfaatkan kandungan jamur ini, Anda bisa lho memasaknya menjadi sup, campurkan kubis, wortel, jahe, bawang putih, jamur shiitake, rumput laut, dan kaldu ayam atau sayuran. Jadi deh sup penambah imun tubuh yang super yummy.

Reishi

Dikenal juga dengan nama ganoderma atau Lingzhi, jamur ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional di Cina selama 4000 tahun. Selain meningkatkan sistem daya tahan tubuh, menstabilkan tekanan darah dan melindungi fungsi hati, jamur Reishi juga mengandung ganoderic acid yang digunakan untuk melawan penyakit kanker paru-paru dan leukimia. Tidak heran, jamur ini mempunyai reputasi sebagai bumbu keabadian, karena khasiatnya dalam menyembuhkan aneka penyakit.

Maitake

Jamur ini dikenal sebagai Hen of The Woods, karena kemiripan bentuk dengan bulu ayam betina. Bagi Anda yang mencari cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, jamur ini adalah juaranya. Selain digunakan untuk mengurangi resiko tekanan darah, diabetes, dan stroke, maitake juga digunakan dalam imunoterapi pasien yang menjalani operasi, radioterapi dan kemoterapi. Konsumsi jamur ini setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Begitu banyaknya manfaat kesehatan yang ada pada jamur, Ibu bisa memasukkan bahan makanan hebat ini ke dalam menu sehari-hari. Jadikan tambahan pada salad, atau untuk memperlezat masakan berbasis daging dan ikan. Selamat mengolah jamur, ya Bu!

Share artikel ini:

Artikel Terkait