©shutterstock

Duh, Si Kecil Mengalami Biang Keringat

Salah satu masalah kesehatan yang sering menghampiri anak-anak adalah biang keringat. Gangguan pada kulit bayi dan anak-anak ini biasa terjadi saat cuaca panas atau lembap, sehingga menyebabkan keringat keluar lebih banyak dan menyumbat kalenjar keringat.

Gejala paling jelas saat si Kecil mengalami biang keringat adalah bintik-bintik merah yang terasa sangat gatal dan muncul di bagian tubuh yang tertutup pakaian seperti punggung, perut, leher, dada bagian atas, pangkal paha, atau ketiak. Walau tidak berbahaya, masalah ini sangat mengganggu aktivitas si Kecil.

Gunakan cara-cara yang dilansir situs Livestrong di bawah ini, untuk menyembuhkan dan mencegah biang keringat pada si Kecil ya, Bu.

Buat Ruangan Jadi Sejuk

Memindahkan si Kecil dari ruang yang panas dan lembap ke tempat yang lebih sejuk akan membantu mengobati biang keringat. Gunakan AC atau kipas angin untuk membantu mengurangi keringat berlebih dan kenakan pakaian yang berbahan katun serta longgar, agar tubuh si Kecil tidak kepanasan.

Pengobatan dari Luar

Menurut situs Mayo Clinic, pengaplikasikan bedak dan krim dapat membantu mengurangi dampak biang keringat. Bedak bayi dapat menjaga kulit tetap kering dan membuat anak merasa nyaman, sementara lotion berbahan calamine dapat mengurangi gatal yang mengganggu. Anda juga bisa mengoleskan Lanolin yang akan menghaluskan kulit, sekaligus mencegah sumbatan pada kalenjar keringat. Gunakan setelah memandikan si Kecil atau saat merasa terganggu oleh gatal yang diakibatkan oleh biang keringat.

Obat Antibiotik

Gatal yang disebabkan oleh biang keringat membuat si Kecil tidak berhenti menggaruk kulitnya. Biasanya, kulit jadi luka dan memicu terjadinya infeksi karena terkena bakteri atau kotoran yang ada di bawah kuku. Jika hal tersebut terjadi, Ibu bisa memberikan obat antibiotik untuk mengobati infeksi kulit dan mencegah luka menjadi semakin parah.

Hindari Penyebab Iritasi

Jika si Kecil mulai terjangkit biang keringat, kenakan pakaian yang tipis dan longgar untuk mencegah kegerahan. Selain karena cuaca yang panas, bintik-bintik merah yang gatal tersebut bisa juga disebabkan oleh alergi produk sabun dan perawatan kulit lainnya. Ibu bisa menggantinya dengan produk berlabel anti-allergenic dan hindari penggunaan krim, lotion, atau salep yang dapat menyumbat kalenjar keringat.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Ibu dalam mengobati biang keringat pada si Kecil ya.

Share artikel ini:

Artikel Terkait