@shutterstock

Efek Konsumsi Permen Berlebihan Bagi Si Kecil

Berbicara tentang permen, erat kaitannya dengan rasa manis dan anak-anak. Makanan ini memang memiliki kelebihan tersendiri bagi si kecil. Selain penuh dengan rasa gula, warnanya yang menarik dan bentuknya yang lucu semakin menggoda mereka untuk melahapnya. Meski bisa membuat si kecil begitu senang, tetapi Anda harus sadar jika mengonsumsi permen secara berlebihan kurang baik bagi kesehatan.

Ingin tahu dampaknya apa saja, yuk simak ulasannya berikut ini.

Menambah berat badan
Eliza Martinez, salah satu praktisi kesehatan asal Kanada, menyebutkan permen dibuat dari sumber makanan yang berkalori tinggi. Sebut saja, gula, cokelat, karamel dan kacang adalah beberapa makanan yang tinggi kalori. Jika dikonsumsi secara berlebihan, camilan berukuran mini bisa memicu penambahan berat badan pada tubuh si kecil. Laporan dari Evolving Wellness menambahkan sebagian besar gula yang termakan dalam tubuh akan berubah menjadi lemak. Jumlah lemak yang berlebihan akan lebih lama untuk diuraikan, sehingga penambahan berat badan tak bisa dihindarkan.

Menghambat penyerapan gizi
Tak ada sumber gizi utama yang bisa disumbangkan oleh permen bagi tubuh. Kandungan vitaminnya sangat sedikit. Begitu pula dengan kandungan mineral yang ada di dalamnya. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa permen tak mampu mengenyangkan perut, walau dikonsumsi dalam porsi besar. Konsumsi gula yang berlebihan akan menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Organ pencernaan perlu memproses gula terlebih dahulu sebelum akhirnya menyerap berbagai sumber nutrisi lainnya. Hal itulah yang disampaikan Eliza Martinez dalam ulasannya.

Merusak gigi
Konsumsi permen secara berlebihan juga dapat merusak gigi si kecil. Sisa permen yang ada di  mulut akan diuraikan oleh bakteri. Eliza Martinez mengatakan hasil penguraian bakteri ini akan membuat kadar keasaman pada gigi menjadi meningkat. Akibatnya, gigi si kecil menjadi rawan keropos dan sakit-sakitan. Apalagi, jika kegiatan menggosok giginya kurang rutin dilakukan, maka akan semakin menambah risiko kerusakan giginya.

Menimbulkan risiko penyakit
Tinggi lemak, kalori dan gula merupakan poin penting yang harus dihindari dalam pola makan sehat. Selain tidak memberikan manfaat nutrisi bagi tubuh, sumber makanan tersebut hanya akan meningkatkan terjadinya risiko penyakit dalam tubuh si kecil, tidak terkecuali permen. Kandungan gula dalam permen yang cukup tinggi bisa membuat kadar gula dalam darah meningkat. Kondisi ini akan memancing tumpukan lemak dalam tubuh. Hasil akhirnya, tubuh mengalami penambahan berat badan yang berlebihan hingga memicu timbulnya penyakit gula seperti diabetes.

Itulah dampak mengonsumsi permen yang berlebihan bagi si kecil. So, perbaiki pola makan si kecil menjadi lebih sehat dari sekarang ya, Bu.

Share artikel ini:

Artikel Terkait